Asnawi Obrak-abrik Brunei, Timnas Indonesia Unggul 2-0 di Babak Pertama

Asnami-mangkualam5.jpg
((Instagram/@asnawi_bhr))

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Asnawi Mangkualam mengobrak-barik pertahanan Brunei Darussalam, Kamis (12/10/2023). Hasilnya, Timnas Indonesia unggul 1-0 saat laga baru berjalan tujuh menit melalui Dimas Drajad yang memanfaatkan bola rebound di dalam kotak penalti.

Gol tersebut tidak lepas dari aksi brilian sang Kapten Asnawi Mangkualam. Bermain sebagai inverted fullback, pemain Jeonnam Dragons itu meliuk-liuk sehingga membuat kelimpungan pemain tengah Brunei Darussalam.

Asnawi tampil sebagai bek sayap kanan dalam formasi dasar super menyerang Timnas Indonesia, 4-2-4. Namun dalam praktiknya, dia tidak mengemban tugas sebagai fullback tradisional yang menyisir sayap.

Eks pemain PSM Makassar itu diinstruksikan Shin Tae-yong untuk bermain ke tengah demi menambah jumlah gelandang skuad Garuda yang di atas kertas cuma diisi Sandy Walsh dan Marc Klok.

Peran Asnawi sebagai inverted fullback sukses bikin Timnas Indonesia tampil mengerikan.


Terkait gol pertama Garuda, Asnawi punya peran dengan melepaskan umpan lambung dari depan kotak penalti menuju Hokky Caraka.

Hokky kemudian menyundul bola yang masih diselamatkan tiang kiri gawang, sebelum disambar Dimas Drajad yang akhirnya mencetak gol.

Timnas Indonesia sendiri mampu menggandakan keunggulan menjadi 2-0 lima menit berselang melalui Rizky Ridho yang menyambar umpan sepak pojok Saddil Ramdani.

Duel Timnas Indonesia vs Brunei Darussalam berlangsung dalam laga putaran pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Di leg pertama, Timnas Indonesia menjadi tuan rumah di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, sebelum memainkan laga tandang di Stadion Sultan Hassanal Bolkiah pada 17 Oktober mendatang dikutip dari suara.com