Masih Proses, Demokrat Belum Tentukan PAW Syahroni Tua

Syahroni-Tua.jpg
(Sigit Eka Yunanda/Riau online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Menjelang Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 banyak Partai Politik (Parpol) yang berpindah haluan secara dinamis dengan berbagai alasan.

Mulai dari Sulastri Fraksi Golkar berpaling ke Demokrat, Muhammad Aulia Fraksi Gerindra berpindah ke Nasdem kini disusul oleh Syahroni Tua fraksi Demokrat berpindah ke Nasdem.

Diketahui Syahroni Tua yang sebelumnya terdaftar sebagai Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) Demokrat DPRD Riau Dapil Pekanbaru, kini berpaling dan pindah partai ke Nasdem untuk nyaleg.

Ketua DPD Demokrat Riau, Agung Nugroho mengatakan bahwa Syahroni Tua sudah menyerahkan surat pengunduran dirinya ke Demokrat.

"Kita sudah menerima surat pengunduran dirinya, maka sesuai dengan aturan, kita akan proses Pergantian Antar Waktu (PAW) yang bersangkutan." Kata Agung, Sabtu 30 September 2023.


Untuk pengganti Syahroni Tua di DPRD Riau selanjutnya Agung mengatakan akan melihat datanya di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau terlebih dahulu.

"Saya belum tahu pasti, nanti kita lihat di KPU dan Untuk pengganti sebagai Bacaleg sedang kita persiapkan,"jelasnya.

Sesuai aturan, pengganti atau PAW merupakan caleg yang memiliki suara di bawahnya. Diketahui pada Pileg 2019 lalu, Demokrat Dapil Pekanbaru di DPRD Riau berhasil mendudukkan dua orang kadernya yakni Agung Nugroho dan Noviwaldy Jusman.

Namun pada Juni 2020 lalu Noviwaldy jusma menghembuskan nafas terakhirnya. Proses PAW kemudian menempatkan Syahroni Tua sebagai pemilik suara terbanyak ketiga dari Demokrat.

Namun kini Syahroni Tua berpindah perahu ke Nasdem, maka kursi selanjutnya akan diduduki oleh pemilik suara terbanyak ke empat.

Artikel ini ditulis Novrika  Sona Rohana peserta program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di RIAU ONLINE