Pj Gubernur Wajib Eselon I, DPRD Riau Usulkan Sekda atau Rektor Unri Jadi Pj Gubri?

SF-Hariyanto11.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Komisi I DPRD Riau menyampaikan persiapan Pj Gubernur Riau sesuai dengan Permendagri No 4 2023 di mana ada ruang DPRD mengajukan nama calon Pj Gubernur Riau.

“Kami mendalami ini dulu, sekarang sedang disusun. Namun di Komisi I belum didiskusikan teknisnya. Karena produk yang keluar dari DPRD harus melalui tatib juga, jadi ini yang sedang digodok,” kata Ketua Komisi I DPRD Riau, Eddy A Mohd Yatim, Senin, 17 Juli 2023.

Kendati demikian, Eddy menyampaikan acuannya tetap persyaratan yang sudah ditentukan Kemendagri bahwa untuk Pj gubernur itu pejabat eselon 1 yang boleh diajukan.

“Eselon satu di Riau ini cuma dua, Sekda dan Rektor Unri. Tapi ini tak boleh harus pejabat struktural pemerintahan. Tapi di kementerian banyak pejabat eselon 1,” ujarnya.

Saat ini, kata Eddy, Komisi I tengah menyusun mekanisme internalnya. Ditambahkannya, sebetulnya andilnya DPRD Riau karena dianggap sebagai representasi masyarakat Riau.

“Konsepnya ruang itu dibuka bahwa ada suara masyarakat bukan ujuk-ujuk partai yang mengajukan. Tak bisa seperti itu. Kami berharap ini tidak terjadi seperti di Aceh. Di sana menolak Pj Gubernur yang ditunjuk tapi tak sesuai dengan keinginan masyarakat,” lanjutnya.

“Nanti apa yang diinginkan oleh pusat dan yang diharapkan masyarakat Riau bisa bertemu. Walaupun nanti eksekusi akhirnya tetap di pusat,” imbuh Eddy.

Sementara untuk kriteria Pj Gubernur menurut DPRD Riau, pihaknya terlebih dahulu meminta masukan dari tokoh masyarakat, ulama, dan pihak lainnya.

 


 

 “Sehingga tidak otomatis tiba-tiba ada namanya. Intinya orang yang paham dengan Riau dan paham apa yang dibutuhkan Riau dalam konteks pembangunan ke depan,” ujarnya. 

 “Perkiraan kami harus sudah dipersiapkan sebelum Oktober nama ini. Karena nanti syarat ini kita keluarkan ketika surat dari Kemendagri sebulan menjelang hari H dan di situ kami sudah siap jadi tak gegabah. Minimal sudah ada nama-nama yang muncul,” pungkasnya.