Sekretaris Golkar Riau Jadi "Ajudan" Sekdaprov SF Hariyanto usai Diperiksa KPK

Sekda-riau-usai-diperiksa-KPK.jpg
(Tangkapan Layar/Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-SF Hariyanto untuk kedua kalinya dipanggil KPK untuk melakukan klarifikasi Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) pada Senin, 22 Mei 2023.

Dilansir dari video Youtube Kompas.com, Mantan Ketua DPRD Riau, Indra Gunawan Eet, tampak mendampingi SF Hariyanto.

Eet juga terlihat aktif meminta jurnais untuk memberikan jalan untuk SF Hariyanto yang kesulitan menuju kendaraan yang menjemputnya.

SF Hariyanto keluar dari Gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta, sekitar pukul 12.12 WIB setelah menjalani pemeriksaan oleh lembaga antirasuah itu. Ia pun langsung dicecar pertanyaan oleh para wartawan.

“Pak katanya mau ngomong! Tadi apa saja yang ditanyakan (KPK), Pak? tanya seorang wartawan.

Namun SF Hariyanto bungkam akan pertanyaan itu sembari berjalan dan tersenyum diiringi dengan Indra Gunawan Eet.

“Ada ditanya soal waktu menjabat jadi Kadis PUPR pak? Ditanya vendor-vendor pas jadi Kadis PUPR ya, pak?” tanya wartawan. Mendengar pertanyaan itu, SF Hariyanto menjawab, “Heee eh eh. Janganlah, kasih jalanlah, aduh,” sambil tetap tersenyum.

Batas antara SF Hariyanto dengan wartawan pun dibatasi oleh beberapa orang salah satunya Indra Gunawan Eet. Eet, sapaan akrabnya, turut mengatakan kepada wartawan agar memberikan jalan.

“Kasih jalan, dong. Kasih jalan,” kata Eet.


Mendengar itu, wartawan pun kian menagih jawaban dari SF Hariyanto yang terus berjalan sembari tersenyum. “Jalan kita kasih, jawaban bapak tak kasih. Bagaimana ini?” ujar seorang wartawan.

Hingga SF Hariyanto hendak memasuki mobilnya, wartawan terus menagih jawaban Sekdaprov Riau itu. 

“Bapak panik ya, pak? Jawablah, pak!” pinta wartawan.

Sementara Juru Bicara KPK, Ali Fikri, membenarkan pemanggilan SF Hariyanto yang kedua kalinya guna mengklarifikasi LHKPN.

“Ya benar, diperiksa kembali hari ini Senin, 22 Mei 2023. Selain Sekdaprov Riau ada juga Kadinkes Lampung dan Sekdaprov Jatim,” katanya.