Kloter Terakhir Mahasiswa Riau dari Sudan Tiba di Pekanbaru, Baznas Riau Fasilitasi

Mahasiswa-Riau-dari-Sudan.jpg
(Riau Online/Laras Olivia)

RIAU ONLNE, PEKANBARU-Puluhan mahasiswa Indonesia yang menempuh pendidikan di Sudah akhirnya sampai di Pekanbaru, Rabu 3 Mei 2023. Mereka datang dalam kloter terakhir proses evakuasi dari negara yang kini sedang berkonflik.

 

Mahasiswa Riau di Sudan terpaksa dievakuasi akibat krisis konflik bersenjata yang terjadi di Republik Sudan. Mereka pun diberangkatkan secara bertahap menuju tanah air. Kloter pertama tiba sejak Jumat, 28 April 2023. 

 

Ketua Baznas Riau, H. Masriadi Hasan, Lc, M. Sha menyampaikan, Baznas Provinsi Riau sudah terlibat dari awal mengurus kepulangan mahasiswa dari Sudan. Mereka membantu pembiayaan tiket pesawat dan pendampingan mahasiswa asal Riau.

 

"Kita terlibat dalam proses evakuasi adik-adik mahasiswa yang pulang dari Sudan. Ini merupakan bentuk kerjasama kita dengan pemerintah daerah, untuk menyelamatkan adik-adik kita ini dari geliat konflik yang sedang terjadi sekarang di Sudan," terang Masriadi.

 

Lebih lanjut ia mengatakan, total ada 118 tiket pesawat bagi seluruh mahasiswa yang kembali dari Sudan. Baznas Riau menanggung tiket kepulangan dari Jakarta ke Pekanbaru. Nilai yang digelontorkan berkisar Rp 172.942.740.

 

"Maka kita sebagai lembaga zakat memang ada program Baznas Peduli atau Baznas Tanggap Bencana, kita kategorikan bahwa konflik ini adalah bagian dari bencana. Sebab itu kita boleh menggunakan dana-dana zakat untuk membantu adik-adik sampai ke kampung halaman seperi kita saksikan saat ini," paparnya.

 


Sementara untuk kepulangan mahasiswa ke daerahnya, kata Masriadi, para mahasiswa sudah dijemput oleh keluarga mereka. Maka seluruh akomodasi ditanggung oleh keluarga masing-masing.

 

"Harapan kita situasi di sana bisa membaik, kondusif. Adik-adik yang sedang belajar di sana bisa kembali sesegera mungkin," harapnya.

 

Salah satu perwakilan mahasiswa yang kuliah di Sudan, Rangga tak henti mengucap syukur. Dirinya berterimakasih kepada semua pihak yang telah membantu segala proses evakuasi hingga tiba di Pekanbaru.

 

"Alhamdulillah kita dibantu dan diperhatikan hingga bisa sampai di kampung halaman dengan selamat," ujar pemuda asal Kampar.

 

 

 

Tiket pesawat yang di tanggung Baznas Provinsi Riau di antaranya, pada penerbangan pertama, Sabtu 29 April 2023. Ada sebanyak 36 orang dari Jakarta ke Pekanbaru.

 

Pada penerbangan kedua, Selasa 2 Mei 2023 sebanyak 56 orang. Penerbangan ketiga, gabungan kloter III dan kloter IV sebanyak 26 orang.