Ledakan Pertamina Dumai, Kapolda Riau: Ada Korban Tapi Tak Ada Meninggal

Kilang-Minyak-Pertamina-Dumai-Terbakar.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Ledakan dan kebakaran hebat PT Pertamina Refenery Unit (RU) ll Dumai, di Jalan Putri Tujuh, Dumai Timur, meledak. Ledakan itu terjadi pada Sabtu, 1 April 2023 malam.

Kapolda Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal mengatakan saat ini api sudah padam dan beberapa pejabat daerah sudah melakukan langkah pencegahan.

"Alhamdulillah api sudah padam, untuk korban ada beberapa namun yang meninggal tidak ada," tegas Irjen Iqbal, Minggu, 2 April 2023.

Selanjutnya, Mantan Kadiv Humas Mabes Polri ini juga sudah berkoordinasi dengan Kapolres Dumai, AKBP Nurhadi Ismanto.

"Saya sudah berkoordinasi dengan Kapolres Dumai dan beberapa pejabat daerah. Laporan yang saya terima belum ada yang meninggal dunia," pungkasnya.


Sebelumnya, Kebakaran kilang minyak Pertamina Dumai tersebut menimbulkan getaran hebat hingga ke Pulau Rupat, Kabupaten Bengkalis, Riau.

Hal itu dirasakan warga setempat Pulau Rupat, Bengkalis. Ia kaget karena getaran serta ledakan terdengar keras hingga ke seberang pulau.

Saya kira petir, soalnya getaran dan suara ledakan sampai ke rumah," ujar Azmi kepada RIAUONLINE.CO.ID, Sabtu, 1 April 2023.

 

Tidak hanya itu, Azmi mengaku selain getaran dan dentuman keras yang dirasakan. Sebagian rumah warga juga mengalami kerusakan pada plafon.

Rumah kawan ada yang rusak bagian plafon. Tapi Alhamdulillah rumah saya aman," pungkasnya.

Ledakan keras serta kobaran api membumbung tinggi.Belum diketahui penyebab kebakaran di kilang minyak tersebut. Namun tim pemadam kebakaran telah diturunkan ke lokasi.