KPU Riau Sebut Tahapan CAT PPS se-Riau Berjalan Lancar

Nugroho-Notosusanto.jpg
(RAHMADI DWI/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Perekrutan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Provinsi Riau sampai kini masih berlangsung dan tengah memasuki tes tertulis dengan sistem Computer Assisted Test (CAT). 

Ketua Divisi SDM KPU Riau, Nugroho Noto Susanto, menjelaskan tahap CAT dimulai sejak 9 sampai 14 Januari 2023, dengan peserta sebanyak 15.850 orang. Untuk pelaksanaannya, Komisioner KPU Provinsi Riau turun langsung ke kabupaten/kota untuk memastikan tes tertulis berjalan sebagaimana mestinya. 

 

"KPU Provinsi Riau melakukan monitoring terhadap pelaksanaan tes tertulis di kabupaten/kota. Saya ke KPU Kabupaten Kampar meninjau pelaksanaan ujian CAT di beberapa tempat," katanya, Rabu, 11 Januari 2023.

 

Ia menuturkan, lokasi yang ditinjaunya dari Kecamatan Kampa dan Kecamatan Tambang di SMAN 1 Bangkinang Kota. Kemudian saat ini untuk calon PPS dari Kecamatan Siak Hulu. 

 

"Sejauh pengamatan saya, pelaksanaan ujian CAT berjalan dengan baik dan lancar. Sekolah sebagai tempat ujian bersinergi dengan baik dengan KPU Kampar selaku pelaksana," terangnya.

 

 


Sepengetahuannya, seluruh peserta yang mengikuti tes juga mengaku sangat puas dengan pelaksanaan ujian. Hal itu dijelaskannya, karena metode yang digunakan dapat melihat langsung hasil ujian yang telah dilaksanakan secara otomatis ketika ujian selesai.

 

"Saat mereka selesai tes, kemudian diklik selesai akan muncul nilainya. Langsung nampak. Mereka merasa inilah hasilnya. Selesai satu ruangan, nanti akan ada pengumuman berupa print nilai seluruh peserta sehingga mereka tau ranking berapanya. Meski belum keluar hasil resmi pengumuman KPU, tapi mereka bisa meranking sendiri," tutupnya.