Jumlah Pendaftar Terpenuhi, KPU Riau Gelar Ujian Peserta PPS Pakai CAT

Nugroho-Notosusanto.jpg
(RAHMADI DWI/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau, Nugroho Noto Susanto, menyampaikan pihaknya tengah mempersiapkan ujian Computer Assisted Test (CAT) bagi calon Panitia Pemungutan Suara (PPS).

 

"Hari Senin, 9 Januari nanti. Kami dorong sistem CAT, di mana saja zonanya nanti bisa dipastikan, sekarang kan lagi rapat mengenai itu," katanya saat dihubungi via telepon, Jumat, 6 Januari 2023.

 

Mengenai jumlah pendaftar di berbagai daerah di Riau, Nugroho mengatakan, tak ada lagi kekurangan peserta. 

 

"Sudah lengkaplah. Di Riau kalau untuk pendaftar sudah terpenuhi semua. Tinggal hari ini verifikasi administrasi diumumkan, Senin nanti ikut ujian tulis. Ujiannya itu kami usahakan CAT semua," tandas Nugroho.

 

Sebelumnya, empat desa di Kabupaten Bengkalis menempuh masa perpanjangan kedua penerimaan pendaftaran PPS setelah dinyatakan belum memenuhi kebutuhan minimal sat kali kebutuhan anggota PPS pada masa perpanjangan pendaftaran pertama pada 31 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023.

 

“Dapat kami sampaikan bahwa perkembangan pembentukan PPS di Provinsi Riau. Dari 12 kabupaten/kota se-Riau pada masa perpanjangan pertama pendaftaran telah terpenuhi kebutuhan minimal di 11 daerah untuk bisa lanjut ke tahapan selanjutnya,” ujar Nugroho.

 


 

Namun, terang Nugroho, terdapat satu daerah lagi yang harus menempuh perpanjangan kedua, adalah Kabupaten Bengkalis. 

 

“Jadi dilakukan perpanjangan kedua pendaftaran anggota PPS di Kabupaten Bengkalis yaitu Desa Pambang Pesisir, Kualo Penaso, Pematang Obo dan Buluh Manis. Pendaftaran kedua dilakukan pada 3-5 Januari 2023,” ungkap Nugroho.