Ribut Soal Resesi Global, Tiga Buku Ini Beri Tips Kelola Uang

Buku-tips-kelola-uang.jpg
((seputarfinansial.com))

Laporan Indah Lestari 

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Ramalan resesi global tengah hangat diperbincangkan dunia. Diperdiksi resesi ini bakal ciptakan perlambatan ekonomi jangka panjang, mulai 2023 nanti.

 

Menurut kompilasi pendapat sejumlah pakar yang dilansir dari kanal berita The Conversation, dua di antara dampak resesi global adalah meningkatnya biaya hidup dan suku bunga. Pakar mengimbau masyarakat perlu waspada dan antisipasi. Lebih cerdas dan bijak mengelola keuangan, serta tabungan untuk pengeluaran mendadak atau hal darurat.

 

Berikut tiga buku mengenai tips kelola uang yang baik:

 

1. Rich Dad Poor Dad

 

Buku yang telah dialih bahasakan ke 51 bahasa ini, terbit perdana pada tahun 1997 silam. Ditulis Robert Toru Kiyosaki, Rich Dad Poor Dad menjadi buku rekomendasi pertama yang membahas tentang finansial.

Jual ORIGINAL!! Buku Rich Dad Poor Dad (Edisi Revisi) By Robert T. Kiyosaki  | Shopee Indonesia

Dalam bukunya, Kiyosaki yang merupakan seorang pebisnis kelas dunia, mengulas mengenai banyak hal tentang uang. Mulai dari pendidikan soal uang, aset dan cara mengelola uang untuk mencapai kebebasan finansial.

 


Buku ini sangat menarik dan patut dibaca siapapun dan kapanpun. Sebab kecerdasan finansial memang sangat dibutuhkan tiap-tiap pribadi, tanpa kenal usia. Terlebih dengan adanya ramalan resesi global sekarang ini.

 

 

2. Psychology of Money: Timeless Lessons on Wealth, Freed and Happiness

 

Selanjutnya, ada Psychology of Money karya Morgan Housel. Buku ini terdiri dari 262 halaman dengan memuat 19 cerita pendek.

 

Karya yang sangat populer dan telah dibahas banyak influencer ini, punya perspektif berbeda tentang uang. Cocok sekali untuk dibaca kaula muda yang belum melek terhadap masalah finansial.

 

Sejumlah cerita di dalamnya, bakal beri kamu pemahaman berbeda tentang cara memperlakukan uang. Khususnya dalam membangun kekayaan finansial dan mempertahankannya secara bijak.



3. Financial Freedom: A Proven Path to All the Money You Will Ever Need

 

Jual Financial Freedom (grant sabatier) - Jakarta Timur - rizik_bookstore |  Tokopedia

 

Terakhir ada Grant Sabatier dengan karyanya, Financial Freedom. Meski baru terbit pada 2019 lalu, tetapi buku ini sudah dibaca dan diulas banyak influencer.

 

 

 

Sesuai judulnya, buku ini bertujuan untuk raih kebebasan atau merdeka finansial, melalui pembelajaran tentang cara mengatur keuangan dengan baik. Tak hanya mengenai kelola uang, buku ini pun membahas perihal tabungan, investasi, pendapatan pasif dan lainnya.

 

Itulah tiga buku yang jadi rekomendasi buat kamu yang masih kesulitan mengelola uang. Mari siapkan diri menyambut resesi global dan selamat membaca!