2 Jalur Bawa Bendera RAPP, Kucurkan Rp 700 Juta untuk Pacu Jalur

Atlet-jalur-Singa-Ngarai.jpg
(Robi Susanto/Riau online)

RIAUONLINE, PEKANBARU-PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) memberikan kontribusi yang sangat besar dalam rangka mensukseskan pelaksanaan Ivent Festival Pacu Jalur (FPJ) Tahun 2022.


Selain memberikan dukungan dana, PT RAPP juga menjadi sponsor untuk dua buah jalur pada FPJ tahun 2022 ini. Kedua jalur yang membawa bendera PT RAPP yakni Jalur Singa Ngarai RAPP dari Desa Pulau Kalimanting, Kecamatan Benai dan Jalur Rajo Bujang RAPP dari Desa Padang Tanggung, Kecamatan Pangean.

"Secara keseluruhan total bantuan yang telah disalurkan mencapai sekitar Rp700jutaan, baik kepada panitia acara, jalur-jalur binaan dan kegiatan lainnya," kata General Manager (GM) Stakeholder Relations (SHR) RAPP Wan Mohd Jakh Anza yang hadir langsung saat acara pembukaan pacu jalur, Minggu, 21 Agustus 2022 lalu.

Menurut Wan, PT RAPP setiap tahunnya selalu memberikan bantuan untuk pelaksanaan pacu jalur baik pada ajang ujicoba maupun ivent tingkat kecamatan tingkat Nasional.


"RAPP sangat mendukung Festival Pacu Jalur,  karena ini adalah kerinduan bagi kita semua dan dukungan bukan hanya pada acara puncak tapi mulai dari tingkat rayon, penyisihan sampai ke acara di Sungai Kuantan, itu semua kami berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah," kata Wan Jakh.

Dia menambahkan, selain memberikan bantuan terhadap penyelenggaraan, bentuk kepedulian RAPP terhadap pelestarian budaya ini, setiap tahunnya juga memberikan pembinaan kepada beberapa jalur milik masyarakat.

PT RAPP lanjut dia juga memberikan serta memfasilitasi masyarakat untuk pengambilan kayu jalur yang ada di hutan penyanggah atau green belt milik RAPP sepanjang semua administrasi terpenuhi dan tidak ada aturan yang dilanggar.


Festival Pacu Jalur tahun ini dibuka langsung oleh Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga S Uno serta dihadiri oleh Wakil Mentri BPN/ATR Raja Juliantoni, Gubernur Riau Syamsuar, Kapolda Riau Irjen (Pol) Muhammad Iqbal, dan para Forkompinda Kuansing.

Jumlah jalur yang ikut tahun ini semuanya berjumlah 178 jalur. Bahkan pacu jalur ini juga diikuti jalr-jalur dari Kabupaten tetangga seperti Indragiri Hulu.