Syamsuar Apreasiasi Menparekraf Kunjungi Desa Wisata Kampung Dayun

Sandiaga-Uno5.jpg
(Media Center Riau)

Laporan Tika Ayu

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno  kunjungi Desa Wisata Dayun di Kabupaten Siak, bersama Gubernur Riau Syamsuar beserta Operasional Perangkat Daerah (Opd) Siak  pada Sabtu,  20 Agustus 2022.

"Terima kasih kepada Menparekraf Sandiaga beserta rombongan, lantaran telah datang di Kawasan Desa Wisata Embung Terpadu Kampung Dayun," ucap Syamsuar. 

Menurut penuturan Syamsuar,  sebelum bertransformasi menjadi desa wisata, desa Dayun dulu merupakan salah satu titik rawan kejadian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang ditenggarai kondisi tanahnya gambut, kata Syamsuar. 

"Kemudian,  dibangun embung untuk menampung air hujan guna pencegahan Karhutla, kawasan ini juga berdekatan dengan Danau Zamrud," ujarnya. 

Inisiatif pembangunan  embung ini dikatakan Syamsuar tak lepas dari terlibatnya masyarakat setempat yang didukung oleh pemerintah daerah (Pemda) Siak sehingga tidak ada lagi kejadian karhutla. 

Masih dalam kunjungan tersebut Syamsuar menyatakan bahwa penyematan desa wisata Dayun secara resmi pada 2021 lalu, meraih juara 1 anugerah desa wisata tingkat Provinsi Riau.

 


 

Dan juga Desa Wisata Dayun masuk ke kategori 50 besar desa wisata terbaik Indonesia.

"Jadi tak salah lagi dari tim dewan juri sampai ke sini, sehingga dapat masuk nominasi 50 besar desa wisata terbaik Indonesia.” tutur Syamsuar