Dulu Langganan Karhutla, Desa Embung Kini Masuk 50 Desa Wisata Terbaik di Indonesia

Sandiaga-Uno6.jpg
(Media Center Riau)

Laporan Tika Ayu

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Dari langganan kebakaran  hutan dan Lahan (Karhutla) di Riau, Desa Wisata Dayun Kabupaten Siak kini masuk ke dalam 50 desa wisata terbaik di Indonesia.  Hal tersebut diungkapkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI (Menparekraf),  Sandiaga Uno pada saat kunjungan kerja,  Sabtu 20 Agustus 2022.

“Ini dewan juri yang menentukan bahwa desa dayun yang menjadi terpilihnya 50 desa terbaik di Indonesia,” katanya saat meninjau lokasi Desa Wisata Dayun. 

 

Penyematan  penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022  kata Sandiaga Uno, dilakukan dengan proses  proses kurasi  ketat dari dewan juri.  Lanjut ia mengatakan bahwa salah satu keunggulan desa ini karena paket komplit di dalam desa. 

"Di mana di desa ini terdapat embung yang menjadi sumber air untuk memadamkan kebakaran hutan. Kemudian Allah SWT membukakan peluang usaha dan sekarang kita lihat di sini dikunjungi banyak wisatawan,” ucapnya. 

Dalam sambutan yang penuh apresiasi,  Sandiaga mengharapkan untuk Kawasan Embung Terpadu Desa Wisata Kampung Dayun bisa berkolaborasi menampilkan pariwisata yang berbasis masyarakat dan  berkelanjutan.

“Kawasan embung terpadu ini diharapkan terus berinovasi, beradaptasi, berkolaborasi menampilkan pariwisata berbasis masyarakat dan berkelanjutan. Marilah menjadi pembangun semangat. Bukan Indonesia membangun desa, tetapi desalah yang membangun Indonesia,” tandas Sandiaga Uno, menyampaikan harapannya


Sandiaga memberi apresiasi, lantaran Kampung Dayun memiliki paket komplit. Menurutnya, kawasan wisata itu bisa membuka peluang usaha untuk masyarakat sekitar.

“Saya menyampaikan, bahwa inilah desa wisata yang menunjukkan paket komplit. Di mana di desa ini terdapat embung yang menjadi sumber air untuk memadamkan kebakaran hutan. Kemudian, Allah SWT membukakan peluang usaha dan sekarang kita lihat di sini dikunjungi banyak wisatawan,” ucap Sandiaga seraya memberikan pujian.

Sandiaga berharap, Kawasan Embung Terpadu Desa Wisata Kampung Dayun bisa berkolaborasi menampilkan pariwisata yang berbasis masyarakat dan  berkelanjutan.

“Kawasan embung terpadu ini diharapkan terus berinovasi, beradaptasi, berkolaborasi menampilkan pariwisata berbasis masyarakat dan berkelanjutan,"

Diucapkan  Sandiaga bahwa kini desa punya peran dalam membangun Indonesia,  jadi  Dibutuhakan membangun semangat  baru dimana  bukan Indonesia membangun desa, tetapi desalah yang membangun Indonesia, ungkap Sandiaga di penghujung wawancara. 

 

Pada sisi lain kedatangan Menparekraf RI ke desa Wisata Dayun Siak tidak sendiri,  ia didampingi langsung Gubernur Provinsi Riau Syamsuar.  Dalam kunjungan peninjauan tersebut, Syamsuar merasa senang dan mengucapkan terima kasih.

"Terima kasih kepada Menparekraf Sandiaga beserta rombongan, lantaran telah datang di Kawasan Desa Wisata Embung Terpadu Kampung Dayun," ungkapnya saat ditemui di lokasi Desa Wisata Dayun.