Ramai Natto Challenge, Yuk Bikin Natto Sendiri di Rumah, Begini Cara Masaknya!

Natto.jpg
(Shutterstock)

Laporan Dwi Fatimah

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Tengah viral di sosial media TikTok ‘Natto Challenge’. Warganet beramai ramai mengikuti tantangan Natto ini. Tantangan ini mengharuskan seseorang untuk mengonsumsi makanan khas Jepang, natto. 

Mayoritas masyarakat Indonesia yang mengikuti natto challenge ini memberikan reaksi kurang mengenakkan lantaran rasa natto yang dinilai tidak cocok di lidah orang Indonesia.

Natto merupakan makanan khas Jepang yang terbuat dari fermentasi kacang kedelai. Makanan ini memiliki aroma khas seperti keju, tetapi lebih menyengat, berwarna cokelat, dan bertekstur lengket.

Di Jepang sendiri, natto sering dikonsumsi bersama dengan nasi dan ditambahkan kecap asin maupun irisan bawang lokio sebagai pelengkap.

Natto juga mengandung makronutrien yang penting bagi tubuh, yaitu karbohidrat, protein, dan lemak.

Tak hanya itu, makanan ini juga diketahui tinggi serat serta mengandung beragam vitamin dan mineral, seperti vitamin K, vitamin C, vitamin B6, folat, mangan, zat besi, magnesium, dan selenium.

Dikutip dari Farmers' Almanac, pembuatan natto melibatkan proses yang cukup panjang. Makanan khas Jepang ini dibuat dengan merendam kedelai utuh, lalu mengukus atau merebusnya. 

Selanjutnya, rebusan kedelai utuh diberi tambahan bakteri Bacillus subtilis untuk kemudian dibiarkan berfermentasi dari waktu ke waktu.

Untuk kamu yang penasaran dengan rasa Natto Jepang, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Cara buat natto Jepang di rumah berikut bisa dipraktekkan sendiri dengan mudah, bagi yang suka dengan makanan tradisional Jepang satu ini. 

Dengan membuat natto sendiri tentunya akan jauh lebih ekonomis dibandingkan kalau harus beli sendiri. Cara buat natto Jepang di rumah ini tidak membutuhkan banyak bahan dan alat. Bahan yang dibutuhkan hanya kacang kedelai dan sebungkus natto yang bisa dibeli di toko.

Sedangkan untuk alat hanya membutuhkan pressure cooker dan alat pembuat yoghurt atau yoghurt maker untuk membantu proses fermentasi dari kacang kedelai.

Berikut ini adalah cara membuat natto sendiri di rumah yang bisa kamu coba:

Untuk membuat makanan natto, bahan yang diperlukan hanya biji kedelai dan air untuk rebus.


Berikut cara membuat makanan natto:

  •  Pertama, rendam biji kedelai di dalam air selama satu hari.

  • Jika, biji kedelai sudah direndam, kemudian rebus dalam beberapa jam, hingga matang dan lembut.

  •  Selanjutnya, tiriskan di wadah untuk proses fermentasi, lalu atur suhu 40 derajat Celcius (Suhu ini menjadi penentu kualitas fermentasi)

  • Jika sudah matang, lalu tiriskan dan sajikan di atas piring makan.

  • Makanan natto siap disajikan.