Harga TBS Turun, Mahasiswa UIR Demo DPRD Riau: Desak Pemprov Cari Solusi

Mahasiswa-UIR2.jpg
(Bagus Pribadi/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU- Puluhan mahasiswa Fakultas Pertanian, Universitas Islam Riau (UIR) melakukan aksi dwmonstrasi di depan Gedung DPRD Riau guna menuntut kenaikan harga Tandan Buah Segar (TBS) sawit.

 

Gubernur Fakultas Pertanian, Kiki Alamsyah, meminta DPRD Riau menegaskan Permentan nomor 1 tahun 2018 tentang pembelian harga TBS.

 

"Sebagai legislatif, kami minta DPRD Riau mendesak Pemprov Riau mencari solusi terkait anjloknya harga sawit," katanya, Kamis, 7 Juli 2022.

 

Tak berhenti di situ, Kiki juga menuturkan Pemprov Riau harus mengawal dan memonitoring secara rutin pembelian TBS sawit sesuai surat edaran nomor 144/KB.310/M/6/2022 yang dikeluarkan oleh Menteri Pertanian.


 

"Kami juga meminta DPRD Riau mendorong kepala daerah Provinsi Riau membentuk atau menguatkan kelembagaan pekebun dan fasilitasi kemitraan afau kerjasama kelembagaan pekebun dengan PKS," tegas Kiki.

 

 

Kiki menyampaikan turunnya harga TBS sudah dikaji mahasiswa di Fakultas Pertanian UIR dan karena itu mereka meminta DPRD segera mendesak pemerintah menangani rendahnya harga TBS.

 

"Jika aspirasi kami tidak digubris dan diteruskan ke pemerintah, kami akan datang dengan jumlah yang lebih banyak lagi," tutupnya