H-1 Lebaran Idul Fitri 2022, Arus Lalulintas Riau-Payukumbuh Lengang

Arus-mudik21.jpg
(DEFRI CANDRA /Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-H-1 jelang lebaran Idul Fitri 2022, arus lalulintas di Riau menuju Payakumbuh Sumatera Barat terlihat lancar dan normal. Bahkan terlihat sepi dari pengendara.

Meski pemerintah sudah membolehkan warga untuk mudik, diperkirakan warga Riau yang mudik ke Sumatera Barat sudah lebih dulu mudik untuk menghindari macet.

Namun hingga tadi pagi hingga siang pukul 10.30 WIB, arus lalulintas terlihat lengang dari pengendara baik roda dua atau roda empat.

Menurut petugas SPBU di Perbatasan Riau - Sumbar, Andri mengaku kalau dirinya dibuat sibuk oleh pemudik dalam dua hari sebelumnya.

"Hari Jumat lalu iya rame, bahkan antrian panjang kendaraan terlihat saat mengisi BBM," ujar Andri, Minggu, 1 Mei 2022.


Andri juga menjelaskan, kalau hari ini tidak terlalu nampak pemudik yang pulang ke kampung halaman.

"Hingga tadi pagi belum terlihat pemudik yang begitu ramai, kemungkinan ramainya sore hingga malam hari," tutup Andri.

Sebelumnya, sebanyak 3.419 unit kendaraan yang keluar dari Provinsi Riau yang diantaranya 1.115 unit roda dua dan 2.304 unit roda empat.

"Untuk libur lebaran hari pertama sudah 3.419 unit kendaraan yang mudik keluar Provinsi Riau. Sedangkan kendaraan yang masuk ke Provinsi Riau sebanyak 2.096 unit kendaraan roda dua dan roda empat,"  ujar Kombes Narto, Jumat, 29 April 2022.

 

Selanjutnya, banyak kendaraan yang keluar Provinsi Riau menuju Sumatera Barat melalui Kabupaten Kampar sebanyak 1.569 unit kendaraan diantaranya 368 unit roda dua dan 1.201 unit roda empat.

"Paling banyak kendaraan menuju Sumatera Barat melalui Kabupaten Kampar. Sedangkan kendaraan yang menuju Sumatera Utara sebanyak 709 unit kendaraan roda dua dan roda empat. Ada juga masyarakat yang hendak mudik ke Jambi melalui Indragiri Hilir," sambungnya.

Lebih jauh, volume kendaraan periode tanggal 24 April sampai dengan tanggal 28 April 2022 sebanyak 10.411 unit kendaraan yang sudah keluar ke Provinsi Riau.