Puncak Arus Mudik 30 April, Penumpang Bandara Diprediksi 8 Ribu Orang

Bandara-SSK-II-7.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Lonjakan penumpang di Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru diprediksi pada H-2 Idul Fitri 1443 H. Puluhan ribu penumpang sudah memadati bandara sejak akhir pekan kemarin.

 

Pihak bandara memprediksi puncak arus mudik Lebaran 2022 berlangsung pada, Sabtu 30 April 2022. Jumlah penumpang diprediksi bisa mencapai delapan ribu orang lebih. 

 

"Sesuai prediksi kami untuk arus mudik puncaknya berlangsung pada H-2," terang Executive General Manager Bandara SSK II Pekanbaru, Mohammad Hendra Irawan.

 

Irawan menyebut, saat puncak arus mudik pihaknya memprediksi jumlah penumpang yang memadati bandara mencapai 7.800 orang. Mereka adalah penumpang yang berangkat  dan datang di bandara tersebut dalam satu hari. 

 

Dirinya menyampaikan ada kemungkinan total jumlah penerbangan di bandara itu bisa mencapai 58 penerbangan. Terdapat hampir 60 penerbangan yang melayani para penumpang di bandara dalam sehari. 

 

Sesuai dengan arahan dari Kementrian Perhubungan RI maskapai bisa mengoptimalkan slot penerbangan yang ada. Namun ia menyikapi dengan terbuka permintaan maskapai terkait penambahan penerbangan selama arus mudik Lebaran 2022. 

 


Saat ini baru dua maskapai mengajukan extra flight atau penerbangan tambahan. Maskapai yang mengajukan extra flight yakni Super Air Jet dan Lion Air. 

 

 

Super Air Jet mengajukan tambahan penerbangan untuk destinasi Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta. Sedangkan Lion Air untuk penerbangan tambahan untuk destinasi Bandara Hang Nadim, Batam. 

 

Dirinya menyampaikan bahwa pihak bandara juga memprediksi puncak arus balik. Mereka memprediksi puncak arus balik Lebaran 2022 berlangsung pada H+5 Idul Fitri.