Capaian Vaksinasi Lansia di Pekanbaru Masih Rendah

Vaksinasi-lansia9.jpg
(DEFRI CANDRA /Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Capaian vaksinasi bagi masyarakat lanjut usia atau lansia masih di bawah 70 persen. Padahal proses vaksinasi lansia sudah bergulir sejak Februari 2021 silam.

Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru mendata, capaian vaksin bagi lansia baru berkisar 67 persen. Mereka masih kesulitan mencapai target vaksinasi lansia hingga 70 persen.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru dr Zaini Rizaldi mengatakan, ada sejumlah kendala yang dihadapi tim di lapangan. Para lansia yang memiliki komorbid belum bisa vaksinasi.


Selain itu, kata Zaini, partisipasi lansia untuk divaksin juga masih rendah. Hal tersebut menjadi kendala berarti bagi tim percepatan vaksinasi.

"Kami sudah menggelar vaksinasi massal untuk lansia, ada juga petugas yang datang langsung ke rumah lansia. Bahkan bagi yang ikut juga diberi hadiah, tapi tetap partispasi lansia untuk divaksin masih rendah," ujar Zaini, Senin 18 April 2022.

Saat ini sebanyak 35.340 orang sudah divaksin dari target 52.579 sasaran penerima vaksinasi. Sementara untuk yang sudah mendapatkan dosis kedua atau lengkap sebanyak 31.006 orang.

Zaini menyebut, capaian vaksin anak juga masih menjadi perhatian tim Satgas Penanganan Covid-19. "Selain vaksinasi anak, vaksinasi lansia juga menjadi prioritas bagi dinas kesehatan untuk segera dituntaskan," paparnya.