Siap-Siap, Kharisma Event Nasional 2022 Akan Hadir di Pekanbaru

ken11.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Kharisma Event Nasional (KEN) Tahun 2022 sudah ditapkan 110 event nasional yang akan hadir di 34 Provinsi dan 95 kabupaten/Kota seluruh Indonesia.

Pemilihan ini dilakukan melalui proses kurasi untuk memperoleh kegiatan yang berkualitas sehingga dukungan yang diberikan oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) akan jelas dan terstruktur.

Bandar Serai Festival 2022 telah diumumkan lolos sebagai KEN oleh Kemenparekraf RI diawal bulan ini, Bandar Serai Festival 2022 menyambut baik bentuk dukungan dari Kemenparekraf RI tersebut.

“Insyaallah tanggal 3-30 September 2022 Bandar Serai Festival akan dilaksanakan bertempat Kawasan Komplek Bandar Seni Raja Ali Haji (Bandar Serai). Sejumlah seniman, budayawan, praktisi profesional, dan puluhan komunitas lintas seni dan budaya akan berbagi dan bergabung dalam satu agenda untuk mewujudkan Bandar Serai Festival 2022”, ujar Benie Riaw, selaku Festival Director Benie, Selasa, 15 Maret 2022.


Benie menjelaskan, sejumlah program-program ungulan diantaranya Art Show, Art Exhibition, Kuliner dan UMKM, serta Education dan Traning, telah diterima sebagai program yang harus kami laksanakan dengan baik.

"Kami juga menyebut Bandar Serai Festival sebagai Art Summit provinsi Riau, yang akan menjadi puncak helat-helat yang pernah dilaksanakan di kawasan Bandar Serai dan akan menjadi nilai tawar ke masyarakat luas untuk dapat menyaksikannya” terang Benie Riaw

Sementara itu, Bandar Serai Festival (BaSF) tahun 2022 mengusung tema Art for Healing, dengan mengutamakan dua isu sekaligus diantaranya isu-isu dimasa Pandemi dan Ekologi, pertunjukan lintas seni (Teater, Musik, Tari, Senirupa, Sastra) tampil selama 28 hari di Bandar Serai Festival pada September mendatang.

Penyelenggara mencoba menyikapi kondisi-kondisi terkini dunia, isu pandemi dan isu ekologi.

Isu ekologi tak kalah hebohnya dengan pandemic covid, penurunan emisi, pemanasan global, kerusakan lingkungan” ujar Art Director BaSF 2022 Fachrozi Amri.

“Bandar Serai Festival 2022 mencoba memberikan terobosan untuk mengatasi anxiety (kelelahan), stress, depressi dll. Hadir dari pemikiran-pemikiran kreatif yang bertujuan untuk merelaksasikan masyarakat Riau dan Indonesia dalam suguhan kesenian modern dan tradisional," pungkasnya.