Pengamat: Dewan yang Menjabat Setelah Rotasi AKD Harus Paham Bidangnya

Pengamat-Politik-Unri-Adlin.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pengamat Pemerintahan dan Politik dari Universitas Riau, Adlin, menyampaikan rotasi Alat Kelengkapan Dewan (AKD) di DPRD Riau hal yang wajar jika bagi-bagi posisi.

"Dalam ilmu pemerintahan itu wajar saja, masing-masing dari mereka ingin membuat koalisi. Ingin eksis. Jadi sekarang kan mereka sudah mulai persiapan pastinya. Harusnya saling merangkul saja tiap fraksi jangan saling meninggalkan, kan tiap fraksi pernah berjuang juga," tuturnya, Kamis, 24 Februari 2022.

Namun, ia menyarankan agar para dewan yang menjabat memahami fungsi dan tugasnya di bidang masing-masing. Sebab, tiap komisi punya bidang dan mitranya masing-masing.

"Makanya harus memahami betul dan harus kompeten ini. Sebagai rakyat kan kita ingin dewan di AKD itu yang paling layak dan paham," katanya.


Meski pada akhirnya itu hak para dewan, namun tak ada salahnya masyarakat Riau berharap yang terbaik di DPRD Riau.

"Kalau diposisikan di situ yang tak berpengalaman, tak ada latar belakang di situ, itu nanti kurang baik kinerjanya," jelas Adlin.

Ketua Jurusan Ilmu Pemerintahan UNRI itu berharap DPRD Riau tetap bisa menjalankan fungsi legislatif tanpa terganggu rotasi AKD ini.

"Legislatif juga berfungsi memberikan ide ke eksekutif jika mereka buntu. Dan dia paham akan satuan kerjanya. Takutnya dewan yang di AKD nanti tak paham. Kan susah juga," tutupnya.