Pasien Covid-19 di Riau Meningkat karena Warga Ramai-ramai Swab PCR

dr-H-Surya-Hajar-Fitria-Dana.jpg
(infopublik.id)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Provinsi Riau, Surya Hajar mengatakan, pasien positif Covid-19 di Riau tercatat mengalami kenaikan yang cukup siginifikan. 

 

Kenaikan ini diakibatkan banyaknya masyarakat yang melakukan tes swab secara mandiri. Termasuk mereka yang akan melakukan perjalanan, dimana swab PCR dan antigen menjadi syaratnya.

 

 

"Dari jumlah penambahan pasien per-18 Februari, sekitar 25 persennya diketahui positif saat melakukan tes swabsebelum melakukan perjalanan. Terutama perjalanan menggunakan pesawat," katanya.

 

Selain itu, pelaksanaan kontak tracing dari pasien positif sebelumnya juga menambah jumlah pasien positif. Karena itu, saat ini pihaknya terus melakukan kontak tracing untuk memutus rantai penyebaran COVID-19.

 

"Kontak tracing terus kami lakukan, karena memang saat ini penyebaran COVID-19 cukup cepat," ujarnya.

 


Surya belum bisa memastikan apakah peningkatan kasus ini ada kaitannya dengan virus varian omicron atau tidak. Namun dari sejumlah sampel yang diperiksa,  ada banyak pasien Covid-19 di Riau yang dicurigai atau probableomicron.

 

 

 

"Kita curigai itu omicron, makanya untuk pasien yang bergejala itu dilakukan perawatan dan ada tempat isolasi terpadu untuk merawat pasien yang bergejala ringan. Yang sedang dan berat bisa dirawat di rumah sakit," ‎pungkasnya.