Ade Hartati: Penanganan Banjir Pekanbaru Fokus ke Dampak Bukan Penyebab

ade-harta.jpg
(Bagus Pribadi/ RIAUONLINE)

Laporan: Bagus Pribadi

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Permasalahan banjir di Pekanbaru belakangan ini membuat warga mengeluh. Sebab itu, Anggota DPRD Riau Dapil Pekanbaru, Ade Hartati Rahmat, menanggapi seringnya banjir di kota 'madani' ini.

 

Menurut Ade, Pemprov Riau dan Pemkot Pekanbaru perlu bersinergi menangani permasalahan banjir tersebut. Pemerintah, katanya, perlu melihat penyebab terjadinya banjir seperti tata ruang kota dan izin pengembangan.

 

"Sejauh ini penanganan banjir kan fokus ke hilir saja, ke yang terdampak, tapi tak memperhatikan penyebabnya," katanya, Kamis, 3 Februari 2022.

 

 

"Pemerintah perlu mengevaluasi, misalnya sudah dibangun perumahan, ada enggak daerah resapan airnya? Sehingga tak jadi momok bagi warga Pekanbaru," lanjut Ade.

 

Politikus PAN itu pemerintah perlu mengkaji lagi penyebab banjir dan menormalisasi anak-anak sungai. Selain itu menata ruang kota dengan kembali menciptakan wilayah resapan air.

 

"Mengupayakan parit tak terisi pasir dan sampah. Ini harus ada langkah konkrit dari pemerintah. Tak sekadar wacana," ujarnya.

 


 

 

Ade meminta progres pemerintah secara konkrit dalam menangani banjir di Pekanbaru. Baginya, jika tiap tahun tak ada progres, berarti tidak ada langkah nyata yang dilakukan pemerintah.

 

"Misalnya kalau tahun lalu banjir lebih dari lutut sekarang jadi setinggi mata kaki. Itu kan ada progres yang tampak, berkurang skala bencananya," pungkas Ade.