Cegah Omicron, Dinas Kesehatan Diingatkan Percepat Vaksinasi Masyarakat

ade-harta.jpg
(Bagus Pribadi/ RIAUONLINE)

Laporan: Bagus Pribadi

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Anggota Komisi V DPRD Riau, Ade Hartati Rahmat, mengingatkan Dinas Kesehatan mempercepat vaksinasi bagi masyarakat Riau. Pasalnya, saat ini tengah terjadi gelombang baru Corona varian Omicron.

Ia meminta pemerintah memastikan seluruh masyarakat Riau sudah divaksinasi. Terlebih, tahun ini sudah memasuki kegiatan vaksinasi kepada anak-anak.

"Kita berharap pada Dinas Kesehatan Riau bahwa pengelolaan vaksin diperbaiki. Jangan lagi ada vaksin yang kedaluwarsa," ingatnya, Kamis, 3 Februari 2022.

Tak hanya itu, Politikus PAN meminta Dinas Kesehatan Riau memastikan vaksinasi benar-benar terdistribusi ke 12 kabupaten/kota di Riau. Tak lupa ia mengingatkan jangan sampai ada vaksin yang sudah kedaluwarsa namun masyarakat masih ada yang belum divaksin.


"Kalau di Pekanbaru mungkin untuk akses gampang, tapi coba diperhatikan betul-betul di daerah itu," tegas Ade.

Mengenai pelaksanaan vaksinasi tak lepas dari anggaran seperti yang disampaikan Wakil Ketua DPRD Riau, Hardianto, bahwa DPRD Riau konsisten menganggarkan vaksinasi di APBD 2022.

"Karena pandemi belum berakhir dan kesiapan kita untuk menghadapi lonjakan varian Omicron ini," terangnya.

Lebih lanjut Hardianto menjelaskan anggaran tersebut bersifat BTT (belanja tidak terduga) artinya bersifat menyeluruh, ada penanganan pandemi dan ada pula antisipasi Karhutla, banjir, dan lainnya.

Ia melanjutkan, dengan begitu untuk penanganan pandemi jumlah anggarannya disesuaikan dengan kebutuhan dan ketersediaan anggaran.

"Dana BTT ini on call, ketika butuh dalam 1x24 jam siap pakai. Lebih kurang jumlahnua Rp 60 miliar. Tapi bukan keseluruhan untuk penanganan pandemi ini ya. Karena ini sifatnya mendesak," tutupnya.