Kiper Panathinaikos Cyrus Margono Bisa Bela Timnas Tanpa Naturalisasi

cyrus.jpg
([Instagram @cmargono])

RIAUONLINE - Timnas Indonesia nampaknya tak perlu menjalankan program naturalisasi untuk kiper keturunan yang berkarier di Yunani, Cyrus Margono. Kok bisa?

Nama Cyrus Margono menjadi perbincangan dalam sehari ke belakang menyusul kode yang ia lemparkan bahwa dirinya siap membela Timnas Indonesia, setelah sebelumnya sempat mengabaikan panggilan skuad Garuda.

Kode ini diberikan penjaga gawang berusia 20 tahun tersebut melalui Instagram. Dalam unggahan di akun pribadinya, Cyrus Margono me-repost unggahan akun Kedutan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Yunani, @indonesiainath.

Kiper yang memperkuat tim B Panathinaikos B itu me-repost unggahan akun @indonesiainath saat dirinya tengah berkunjung ke KBRI di Athena.

Dalam unggahan itu, Cyrus menuliskan caption; 'Sebentar Lagi #KITAGARUDA’ yang konon menjadi tanda bahwa dirinya siap membela Timnas Indonesia.

Pertanyaan pun mengemuka di kalangan pendukung Timnas Indonesia. Apakah Cyrus nantinya harus melewati proses naturalisasi untuk membela skuad Garuda seperti Sandy Walsh atau Jordi Amat?

Tak Perlu Naturalisasi


Cyrus Margono nampaknya tak perlu melakukan naturalisasi untuk membela Timnas Indonesia. Hal ini terkait Undang-undang Republik Indonesia No 12 Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia.

Dalam pasal 6 tertulis bahwa seseorang yang telah berusia 18 tahun atau lebih, berhak memilih salah satu kewarganegaraannya.

Hanya saja, ada batas waktu untuk memilih kewarganegaraan yang akan dimiliki. Dalam pasal 6 ayat 3, tertulis bahwa pernyataan untuk memilih kewarganegaraan paling lambat tiga tahun setelah berusia 18 tahun atau sudah kawin.

Dengan kata lain, paling lambat seseorang bisa mendapatkan kewarganegaraan Indonesia jika usianya maksimal 21 tahun.

Dalam kasus Cyrus ini, ia bisa memilih kewarganegaraan Indonesia secara langsung, mengingat saat ini usianya baru 20 tahun.

Alhasil, Cyrus Margono yang punya dua kewarganegaraan (Indonesia dan Amerika Serikat), bisa langsung menambatkan pilihannya ke Indonesia dan membela skuad Garuda tanpa adanya proses naturalisasi yang terkesan berbelit-belit.

Tentu fakta ini menjadi kabar gembira bagi pendukung Timnas Indonesia yang ingin skuad Garuda memiliki kiper yang berkarier di Eropa, sejak terakhir Kurnia Sandy di Sampdoria.

Jika tak ada halangan, eks kiper klub Amerika Serikat, Denver Pioneers dan UK Wildcats itu bisa saja langsung memilih kewarganegaraan Indonesia, dan disertakan Shin Tae-yong untuk ajang Piala AFF U-23 2022 di Kamboja bulan ini.

Akan tetapi melihat update terkini, Cyrus tampaknya belum dilirik Shin Tae-yong. Seperti diungkapkan anggota Exco PSSI, Hasani Abdulgani, Shin Tae-yong belum melihat urgensi Timnas Indonesia untuk memanggil Cyrus sekarang ini.

Shin Tae-yong nampaknya masih cukup puas dengan stok kiper yang dimilikinya saat ini.

Artikel ini sudah tayang di SUARA.com