Anda Kesulitan Dalam Berkomunikasi? Ketahuilah 10 Penyebabnya

kesulitan-berkomunikasi.jpg
(pixabay)

Laporan Linda Mandasari

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Dalam berkomunikasi, umumnya ada pesan yang hendak disampaikan pembicara kepada pendengar. Namun sering kali pesan yang disampaikan kurang terpahami atau tidak sampai kepada penerima sehingga tujuan kita untuk menyampaikan pesan tersebut juga tidak tercapai.

Saat ini Riau Online akan membahas mengenai Komunikasi, Anda kesulitan dalam berkomunikasi? Ketahuilah 10 penyebabnya, simak ulasannya berikut ini.

1)      Pengaruh status

Perbedaan status sering kali menjadi hambatan ketika berkomunikasi. Misal antara karyawan dengan bos, pembantu dengan majikannya, anak dengan orang tuanya, dan sebagainya.

Orang dengan status yang lebih rendah umumnya tunduk dan patuh kepada orang dengan status yang lebih tinggi.

Hal ini mengakibatkan orang-orang dengan status yang lebih rendah takut atau kesulitan mengemukakan pendapatnya, karena khawatir ia akan mendapatkan respons negatif dari orang yang memiliki status lebih tinggi.

 

2)      Perbedaan cara pandang

Setiap orang terkadang memiliki cara pandang yang berbeda dalam melihat masalah. Adanya perbedaan cara pandang, akan menghasilkan kesimpulan yang berbeda. Semisal ketika orang dengan sudut pandang yang sempit mendiskusikan suatu masalah dengan orang yang memiliki sudut pandang yang lebih luas.

3)      Perbedaan kebudayaan

Adanya perbedaan budaya juga merupakan salah satu hal yang dapat menghambat komunikasi. Kita akan mendapat penolakan ketika kita menyampaikan pesan yang bertentangan dengan adat kebiasaannya walaupun sebenarnya dalam kebudayaan kita hal itu tidak melanggar adat yang kita miliki.

4)      Gangguan lingkungan

7 Pakar Komunikas, 15 Hambatan Komunikasi Antarpribadi, di akses dari Hambatan ini terjadi ketika kita berbincang di tempat yang kurang mendukung. Misal berbincang di pinggir jalan yang ramai sehingga suara lawan bicara kurang terdengar, atau ketika hujan deras dan diselingi oleh suara petir akhirnya kita tidak dapat menangkap pesan yang ingin disampaikan lawan bicara karena suaranya terganggu oleh lingkungan.


5)      Gangguan pada media yang digunakan

Komunikasi, Anda kesulitan dalam berkomunikasi? Ketahuilah 10 penyebabnya selanjutnya adalah gangguan pada media yang digunakan. Hal ini berlaku ketika kita menggunakan media untuk memperlancar komunikasi.

Salah satunya adalah menggunakan telepon atau handphone untuk berkomunikasi dengan lawan bicara yang posisinya jauh dari kita. Ketika menggunakan telepon tak jarang sambungannya terputus – putus sehingga telepon terganggu atau mungkin berkirim pesan singkat menjadi tidak terkirim dan sebagainya yang akhirnya menghambat komunikasi.

6)      Tidak ada tanggapan dari lawan bicara

Komunikasi satu arah bisa terjadi ketika lawan bicara tidak memberi tanggapan atas pesan yang kita sampaikan. Misal ketika seseorang sedang memberikan pendapatnya di kelas untuk di koreksi oleh guru atau teman selainnya, namun tidak ada yang menanggapi pendapatnya, akhirnya tujuan dia menyampaikan pendapat untuk mendapat koreksi tidak tercapai.

7)      Penggunaan bahasa yang berbeda

Peranan bahasa sangat penting dalam berkomunikasi karena bahasa merupakan salah satu alat yang digunakan untuk berkomunikasi. Oleh karena itu dalam berkomunikasi, kita harus menggunakan bahasa yang dipahami oleh lawan bicara.

Semisal orang jawa ingin berbincang dengan orang sunda, namun keduanya menggunakan bahasa daerahnya masing – masing. Akhirnya pesan yang ingin disampaikan tidak akan terpahami karena tidak mengerti bahasa yang digunakan.

8)      Keterbatasan Fisik

Hal ini berkaitan dengan berkurangnya fungsi fisik yang digunakan untuk berkomunikasi. Semisal ketika dihadapkan untuk berkomunikasi dengan orang yang tidak bisa bicara, namun kita sendiri tidak memiliki kemampuan bahasa isyarat, akhirnya pesan yang hendak disampaikan pun gagal diterima.

Begitu juga ketika berkomunikasi dengan orang yang lanjut usia dimana fungsi pendengarannya sudah berkurang atau dengan orang cadel yang kesulitan dalam pengucapan beberapa huruf.

9)      Perbedaan generasi

Perbedaan generasi yang dimaksud disini adalah perbedaan usia yang terlampau jauh. Akibatnya istilah – istilah yang digunakan bisa jadi berbeda antara generasi yang kebih tua dengan yang lebih muda, sehingga ketika berkomunikasi pesan akan sulit terpahami karena penggunaan istilah tidak dimengerti oleh penerima pesan.

10)   Gangguan emosional

Salah satu hal yang dapat mempengaruhi kondisi seseorang adalah emosi. Ketika emosi seseorang tidak stabil, hal ini akan berpengaruh ketika ia berinteraksi dengan orang lain.

 

 

 

Semisal orang yang sedang marah akan sulit menerima nasihat kita. Begitu pula orang yang sedang sensitif, ia akan mudah menyalah artikan pesan, merasa bahwa pesan tersebut menyudutkannya atau sebagainya walau sebenarnya tidak begitu.

Sekian informasi mengenai Komunikasi, Anda kesulitan dalam berkomunikasi? Ketahuilah 10 penyebabnya. Semoga informasi yang telah Riau Online berikan bermanfaat bagi pembaca.