Rentan Pergaulan Bebas, Kenali 4 Transisi Masa Remaja ke dewasa

remaja.jpg
(shutterstock)

Laporan Linda Mandasari

RIAUONLINE, PEKANBARU-Transisi dari masa remaja ke dewasa atau masa beranjak dewasa terjadi dari usia 18 hingga 25 tahun, ditandai dengan eksperimen dan eksplorasi.

Terdapat lima ciri orang beranjak dewasa di antaranya eksplorasi identitas, self focused, feeling in between, usia dengan berbagai kemungkinan dan ketidakstabilan.

Saat ini Riau Online akan membahas mengenai Cerita dewasa, Masa transisi rentan pergaulan bebas, kenali 4 transisi masa remaja-dewasa, simak ulasannya berikut ini.

Kriteria dewasa awal

Terdapat dua kriteria yang merujuk pada status dewasa, yaitu kemandirian ekonomi dan bertanggung jawab atas konsekuensi tindakannya sendiri.

 

Di negara maju, seseorang dikatakan dewasa jika memiliki pekerjaan menetap dan penuh. Sedangkan di negara berkembang, pernikahan seringkali dijadikan pertanda kedewasaan seseorang.

Transisi pendidikan menengah ke perguruan tinggi

Mahasiswa merasa lebih dewasa, memiliki banyak waktu untuk bergaul dengan teman sepermainan, memiliki kesempatan lebih besar untuk mengeksplorasi nilai dan gaya hidup, menikmati kebebasan dan lebih tertantang secara intelektual oleh akademik.

Terjadi pergerakan ke arah struktur yang lebih besar dan impersonal seperti interaksi dengan teman dari latar belakang geografis dan etnis yang lebih beragam maupun peningkatan fokus terhadap pencapaian beserta assessment nya.


Menyebabkan perubahan dan stres, mahasiswa mengalami fenomena top dog yaitu sebagai kelompok siswa yang paling tua dan berkuasa menjadi kelompok mahasiswa yang paling muda dan lemah.

Pola makan dan berat tubuh

Berkaitan dengan meningkatnya resiko terserang penyakit hipertensi, diabetes dan penyakit kardiovaskular, serta berhubungan dengan kesehatan mental. Perkembangan performa fisik terjadi puncak performa fisik antara usia 19 hingga 26 tahun, namun pada akhir dewasa awal mulai nampak penurunan performa fisik.

Obesitas adalah masalah kesehatan yang serius dan banyak melanda individu. Faktor yang mempengaruhi obesitas yaitu hereditas, leptin yang menimbulkan rasa kenyang, set point yaitu jumlah lemak dalam tubuh dan faktor lingkungan.

Kebanyakan diet tidak bertahan hingga jangka panjang. Bagi yang berhasil sampai jangka panjang itu karena mereka juga melakukan olahraga. Olahraga secara teratur yang dilakukan, dapat memberi keuntungan secara fisik maupun psikologis.

 

 

Penyalahgunaan obat

Cerita dewasa, Masa transisi rentan pergaulan bebas, kenali 4 transisi masa remaja-dewasa selanjutnya adalah penyalahgunaan obat. Pembukaan dapat menyebabkan mahasiswa bolos kuliah, bermasalah dengan polisi dan melakukan hubungan seks tanpa pelindung. Perilaku mabuk-mabukan mencapai puncaknya pada usia sekitar 21 sampai 22 tahun kemudian menurun pada rentang usia 20-an.

Sekian informais mengenai Cerita dewasa, Masa transisi rentan pergaulan bebas, kenali 4 transisi masa remaja-dewasa. Semoga informasi yang telah Riau Online berikan bermanfaat bagi pembaca.

Keyword : Cerita dewasa