Danlanal Dumai, Kolonel Laut (P) Himawan: 32 PMI Tertangkap di Malaysia

Rapat-Forkopimda-Provinsir-Riau2.jpg
(Muthi Haura/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU-Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Dumai Kolonerl Laut (P) Himawan mengatakan, sekitar tiga hari yang lalu, pihaknya mendapat informasi tertangkapnya 32 orang Pekerja Migran Indonesia (PMI).

 

“Kami dikirimi pesan dari atas laut Malaysia tentang tertangkapnya 32 orang PMI di Malayasia,” katanya saat Coffe Morning Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Riau, Kamis, 13 Januari 2022.

 

Himawan menjelaskan, saat pandemi Covid-19 ini dinilai mereda, jalur laut semakin marak dengan lintasan PMI. Hal ini dikarenakan, PMI-PMI ini sudah sulit bergerak dari Kepulaun Riau (Kepri).

 

 


“Sulit bergerak dari Kepri, sehingga jalur lintasannya bergerak kearah Dumai kemudian Sumatera Utara dan Aceh,” jelasnya.

 

Lebih lanjut, Himawan juga mengatakan, pihaknya mengambil langkah cepat berkoordinasi dengan intansi terkait untuk penanganan permasalahan PMI.

 

 

 

 

Sementara itu, Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar mengataka, yang pihaknya khawatirkan dari masuknya PMI illegal-illegal itu, virus Covid-19 terutama varian omicron.

 

“Yang dikhawatirkan yang masuk lewat jalur tikus ini. Jadi kami mohonlah bantuan Danlanal Dumai untuk mengawal supaya tidak masuk dari jalur jalur tikus,” pungkasnya.