Vaksin Booster di Riau Digelar di RSUD Arifin Achmad

Ibu-hamil-divaksin.jpg
(RAHMADI DWI/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU-Plt Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Provinsi Riau, Masrul Kasmy mengatakan, untuk vaksin booster di Provinsi Riau juga dimulai hari ini, Rabu, 12 Januari 2022. 

 

Masrul menjelaskan, vaksin booster  bisa didapatkan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad, tetapi memang diutamakan untuk masyarakat lanjut usia (lansia).

 

“Untuk jenis vaksinnya kalau ga salah, coronavac, tapi lebih lanjut bisa ditanyakan ke dokter bersangkutan,” katanya kepada RIAUONLINE.CO.ID, Rabu, 12 Januari 2022.

 

Lebih lanjut, Masrul juga mengatakan, selain vaksinasi booster, pihaknya masih terus menggesa vaksinasi lansia dan anak-anak. 

 

 

“Vaksinasi booster ini kan tambahan tugas. Utamanya kita kejar dulu,” pungkasnya.

 

Diberitakan sebelumnya, Mulai hari ini, Rabu 12 Januari 2022, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akan kembali melaksanakan kegiatan vaksinasi tahap 3.

 

Program vaksinasi Covid-19 booster tahap 3 ini diprioritaskan untuk warga lansia dan kepada kelompok rentan terpapar Covid-19.

 

"Mulai tanggal 12 Januari 2022 pemerintah akan melaksanakan vaksinasi ketiga dengan prioritas bagi lansia dan kelompok rentan," ujar Jokowi melalui YouTube Sekretariat Presiden, Selasa, 11 Januari 2022.

 


Jokowi juga menegaskan, pemberian vaksin dosis ketiga ini gratis bagi seluruh masyarakat Indonesia. Sebab, kata dia, keselamatan rakyat adalah yang utama.

 

Adapun syarat untuk menerima vaksinasi booster ini yakni calon penerima sudah menerima vaksin dosis kedua lebih dari 6 bulan sebelumnya.

 

"Upaya ini penting dilakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh masyarakat, mengingat virus Covid-19 terus bermutasi," terang mantan Gubernur DKI dan Bupati Solo ini.

 

Meski sudah divaksin, presiden mewanti-wanti seluruh pihak untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan mulai dari memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

 

Karena vaksinasi dan disiplin protokol kesehatan merupakan kunci dalam mengatasi pandemi Covid-19," pungkasnya.