Tips Belajar Saham bagi Pemula

pergerakan-saham.jpg
(pixabay)

Laporan Linda Mandasari

RIAUONLINE, PEKANBARU-Investasi saham adalah instrumen dengan keuntungan dan instrumen jangka panjang terbaik. Memahami materi saham untuk pemula merupakan langkah penting untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal dan mengurangi resiko kerugian.

Investasi saham memiliki banyak unsur subjektif dari masing – masing investor, sehingga apa yang berlaku untuk individu kemungkinan tidak berlaku bagi orang lain. Saat ini Riau Online akan membahas mengenai Saham, Tips belajar saham bagi pemula, simak ulasannya berikut ini.

Pahami investasi saham

Main saham pada dasarnya adalah investasi dalam suatu usaha atau bisnis. Tidak berbeda ketika seseorang melakukan investasi di usaha coffee shop atau restaurant dengan teman atau kerabat dekat.Saham adalah bukti kepemilikan atas suatu perusahaan.


Dengan membeli saham, artinya anda menjadi pemilik (pemegang saham) dari perusahaan tersebut dan menyerahkan pengelolaan perusahaan kepada management professional yang dipercaya bisa mengelola bisnis untuk meningkatkan nilai perusahaan.

Pemahaman tersebut mempengaruhi cara berfikir seseorang untuk melakukan investasi. Anda harus memiliki sikap yang tenang ketika harga saham anjlok drastis karena kinerja perusahaan yang baik-baik saja akan memborong saham saat market crash karena harga saham sudah terlihat murah, sementara kinerja perusahaan tidak memburuk sama sekali.


Melihat Reksadana
Jika belajar saham untuk pemula, salah satu cara paling mudah memilih saham adalah mengintip saham yang dipegang oleh Manajer Investasi yang mengelola Reksadana Saham.


Manajer investasi wajib menyampaikan portfolio Top 10 Saham yang dipegang di Reksadana Saham. Anda dapat melihat daftar Top 10 saham tersebut di laporan bulanan Reksadana Saham.

Pada situs manajer investasi atau agen penjual reksadana online, Anda pilih dahulu Reksadana saham yang ingin anda lihat koleksi sahamnya.

Kemudian, di bagian statistik atau kinerja bulanan, anda bisa melihat Top 10 Holdings saham dari reksadana tersebut.Pilihan saham untuk pemula bisa menggunakan saham – saham yang diiinvestasikan oleh Reksadana Saham.

Diversifikasi Investasi

Sebagai salah satu instrumen investasi, saham pasti memiliki resiko dan resiko tersebut cukup tinggi. Lalu, bagaimana mengelola resiko di investasi saham untuk pemula yang baru belajar main saham? solusinya yaitu lakukan diversifikasi investasi.

Jangan tempatkan semua uang anda di saham. Dengan diversifikasi, jika terjadi krisis di pasar saham, anda bisa bertahan, tidak panik, hal ini sangat penting karena sudah punya simpanan di instrumen lain yang aman dari krisis di saham.

Perencana keuangan menyebutkan pentingnya punya Dana Darurat sebagai instrumen jaga-jaga, salah satunya, jika terjadi goncangan dalam ekonomi. Sisihkan sebagian uang anda di Dana Darurat.

Walaupun diversifikasi akan menurunkan potensi return karena uang ditempatkan di instrumen dengan return lebih rendah.

Tapi, justru itulah esensi diversifikasi bahwa penempatan dana dibagi ke investasi yang return tinggi resiko tinggi serta investasi yang return rendah resiko rendah.

Saham Blue Chip

Saham blue-chip adalah saham dari perusahaan dengan kualitas terbaik yang dijual di bursa. Jenis saham ini dianggap paling aman dan menjanjikan stabilitas keuntungan.
Agar lebih mudah, berikut contoh beberapa saham blue-chip di Bursa Efek Indonesia, yang bisa menjadi pilihan saham untuk pemula, yaitu:

• Bank BCA (kode BBCA) adalah bank terbaik di Indonesia dengan jaringan ATM terbesar, jutaan jumlah nasabah dan paling penting menghasilkan profit besar buat pemegang saham.
• Unilever Indonesia (kode UNVR) adalah perusahaan consumer goods terbaik di Indonesia dengan berbagai brand produk rumah tangga yang sudah tidak asing di masyarakat. Kinerja keuangan UNVR adalah salah satu yang terbaik di bursa dengan kemampuan saham ini mencetak laba secara konsisten.
• Bank BRI (kode BBRI) adalah bank dengan laba terbesar di Indonesia. Dengan usia perusahaan lebih dari 100 tahun, Bank BRI punya kemampuan dan pengalaman di kredit mikro dan UMKM, yang boleh dikatakan tanpa pesaing saat ini karena semua pesaing yang dulu pernah masuk ke sektor mikro dan UMKM sekarang sudah banyak yang mundur mengakui kepiawaian dan dominasi BRI di sektor ini.

Tiga saham blue-chip di atas adalah pilihan saham untuk pemula yang layak dipertimbangkan jika baru pertama belajar investasi saham.

 

Anda bisa melihat saham yang punya kapitalisasi pasar besar dan ramai diperdagangkan setiap hari di bursa.Pilihan saham untuk pemula bisa dimulai dengan saham – saham blue-chip tersebut.


Sekian informasi mengenai Saham, Tips belajar saham bagi pemula. Semoga informasi yang telah Riau Online berikan bermanfaat bagi pembaca.