Fenomena Endorse oleh Selebgram

Sharena-Delon4.jpg
(instagram@mrssharena)

Laporan Linda Mandasari

RIAUONLINE, PEKANBARU-Endorse adalah sebuah tindakan setuju atau mendukung terhadap sesuatu. Saat ini tindakan endorse sedang trend di Instagram.

Beragam online shopping memakai jasa endorse untuk mempromosikan barang-barang yang akan dikonsumsi oleh masyarakat luas, objek endorse itu sendiri merupakan selebgram atau artis bahkan pemuka agama yang memiliki pengaruh besar terhadap penjualan. Saat ini Riau Online akan membahas mengenai Instagram, Fenomena endorse oleh selebgram, simak ulasannya berikut ini.

Pengguna internet di Indonesia

Penggunaan internet di Indonesia telah tumbuh lebih dari dua kali lipat sejak 5 tahun lalu. Pada saat ini, lebih dari 88 juta orang terkoneksi ke jaringan internet dengan proporsi sebagian besar berusia rentan 15-25 tahun.

 

Indonesia berada di posisi nomor 7 terbesar pengguna internet di dunia dengan 82 juta pengguna aktif. Potensi pasar pengguna sosial media terus mengalami peningkatan. Jumlah pengguna internet di Indonesia mengalami perkembangan yang sangat signifikan khususnya pengguna sosial media Instagram.

Mobilitas yang tinggi telah didukung dengan perkembangan smartphone, maupun notebook yang memungkinkan para pengguna internet mengakses internet lebih mudah dan cepat.

Penggunaan media sosial telah memungkinkan para penggunanya untuk berbagi, menciptakan dan berpartisipasi dengan cara cara membuat forum, blog, jejaring sosial dan dunia virtual berbasis web telah mengubah komunikasi menjadi dialog interaktif.

Media sosial seperti Twitter, Facebook maupun Instagram bukanlah hal yang asing lagi di Indonesia, media sosial ini berfungsi sebagai alat komunikasi dan alat penyampaian informasi yang efektif.

Media sosial yang yang digandrungi oleh masyarakat banyak adalah Instagram, dengan banyaknya online shop, munculnya fenomena baru di kalangan masyarakat yang dijadikan media sebagai promosi dalam rangka menjual produk dengan mepromosikan lewat Instagram. Bukan hal yang mengherankan karena onlineshop terang-terangan bersaing untuk mendapatkan followers dan like Instagram karena seiring peminat online shop di Instagram yang semakin banyak.

Trend Endorsement

Saat ini muncul istilah endorsement yang tengah menjadi trend pengguna Instagram, kegiatan ini merupakan cara untuk mempromosikan produk sebuah online shop yang bekerjasama dengan orang yang memiliki banyak followers di Instagram.


Orang-orang memiliki followers banyak adalah kalangan politikus, selebgram, artis atau orang biasa yang memiliki banyak followers. Para pebisnis online shop melihat berapa banyaknya followers mereka, setelah itu online shop mengirimkan barang kepada pihak terkait yang akan di endorse lalu pihak tersebut mempromosikan dengan cara memasukkan foto atau membuat video dengan cara yang menarik, agar mengundang atensi followers sehingga mempengaruhi para followers untuk membeli.

Upaya tersebut menunjukkan antusiasme yang besar dari masyarakat dalam menggunakan media sosial Instagram sebagai media jual beli, kegiatan jual beli tidak dapat lepas dari adanya promosi dengan memanfaatkan media komunikasi maka kegiatan bisnis akan lebih mudah dan praktis.

Di tengah maraknya endorsement akhir-akhir ini, banyak bermunculan selebgram atau yang biasa disebut celebrity endorser yang dipercayakan untuk membawakan akan mempromosikan produk dijual secara online melalui Instagram.

Hal ini sangat berpengaruh dari segi hasil penjualan, makin banyak followers yang dimiliki oleh selebgram maka akan semakin banyak juga peluang untuk produk tersebut dapat dibeli oleh masyarakat yang melihat. Kemudahan begitu dapat kita rasakan terlebih dengan berada di rumah maupun di kantor kita sudah dapat membeli barang dari online shop. Endorse yang dilakukan oleh selebgram dari pihak online shop biasanya dapat membuat konsumen tertarik untuk membelinya.

Konsumtif

Dimana ada tiga faktor yang mempengaruhi konsumen untuk membeli barang tersebut adalah daya tarik dari artis selebgram yang melakukan endorse atau bagaimana reputasi artis tersebut, kemudian artis atau selebriti tersebut membuat konsumen yang dapat dipercaya akan online shop yang sedang dipromosikan dan yang terakhir adanya keahlian yang menjadikan satu pertimbangan bagi konsumen untuk membeli suatu barang.

 

Keputusan pembelian yang didominasi oleh faktor emosi menyebabkan timbulnya pola masyarakat konsumtif hal ini merupakan pemborosan karena kebanyakan masyarakat membeli sesuatu yang belum tentu menjadi kebutuhannya.

Kecenderungan masyarakat menjadi konsumtif dibentuk dari beberapa faktor diantaranya media iklan. Iklan merupakan pesan yang menawarkan sebuah produk yang ditunjukkan kepada khalayak lewat suatu media yang bertujuan untuk mempersuasi masyarakat untuk melakukan suatu tindakan membeli, banyak produk yang ditawarkan dalam proses endorse yang dilakukan oleh artis selebgram hal itu membuat manusia yang dikendalikan dari dorong oleh suatu keinginan memenuhi hasrat kesenangan semata.

Sekian informasi mengenai Instagram, Fenomena endorse oleh selebgram. Semoga informasi yang telah Riau Online berikan bermanfaat bagi pembaca.