DPRD Riau Desak Pemprov Serius Lakukan Hibah Ternak untuk Masyarakat

Sapi2.jpg
((Suara.com/Budi Kusumo))

Laporan: Bagus Pribadi

RIAUONLINE, PEKANBARU-Sekretaris Komisi II DPRD Riau, Sugianto, meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau serius dalam melakukan lelang untuk hibah ternak kepada masyarakat.

Menurutnya, selama ini Pemprov Riau tak serius karena paket-paket lelangnya dibuat menjadi satu sehingga tak ada kontraktor yang mampu melaksanakannya.

"Dinas terkait harus mengerti bagaimana anggaran ini bisa dilakukan di tahun ini. Jangan mereka menumpuk hanya pada satu kegiatan besar sehingga kontraktor yang ada di Riau ini tidak bisa melaksanakan proses lelang ternak sapi," jelas Sugianto, Senin, 13 Desember 2021.

Selama menjalankan reses, Sugianto mengaku program hibah ternak ini menjadi momok bagi pihaknya. Pasalnya, masyarakat selalu menagih hibah ternak tersebut.

 

"Imbasnya ya di kami, masyarakat menagih itu. Karena proposal itu sudah dua tahun lalu," cetusnya.

Sebab itu, Politisi PKB itu meminta Pemprov Riau di 2022 benar-benar menjalankan anggaran sesuai dengan ketentuannya. Ia menganjurkan agar melaksanakan anggaran di awal tahun, jangan lagi di akhir tahun.

"Begitu APBD 2022 diketok, segera langsung diadakan pelelangan sesuai dengan ketentuannya. Sehingga ada waktu setahun untuk pengadaan hibah ternak," harapnya.

 


 

 

 

Menurutnya, pengadaan hibah ternak dilakukan sedini mungkin karena pengadaan itu bukan hanya di Riau, melainkan di seluruh Indonesia.

"Makanya kesediaannya ini wajib diantisipasi supaya Riau dengan jumlah 2300 ekor lebih ternak ini bisa dapat suplai ternak dari provinsi lain selain Riau," tutupnya.