Kandungan Omega 3 Guna Tumbuh Kembang dan Kecerdasan Otak Bayi

balita-belajar55.jpg
(pixabay)

Laporan Linda Mandasari

RIAUONLINE, PEKANBARU-Gizi memegang peranan penting dalam siklus kehidupan manusia terutama pada otak, gizi mengatur perkembangan otak janin selama awal kehidupan.

Hal ini merupakan faktor yang menentukan kualitas sumber daya manusia di masa depan sebagai generasi penerus bangsa. Guna mencapai tumbuh kembang yang baik maka diperlukan zat makanan yang kuat.

Makanan yang kurang baik secara kuantitas maupun kualitas akan menyebabkan kurang gizi, keadaan ini dapat mengakibatkan perubahan fungsi pada otak dan perubahan struktural.

 

Anak anak yang kekurangan gizi pada usia balita akan mengalami gangguan pertumbuhan dan perkembangan otak yang berpengaruh pada rendahnya tingkat kecerdasan karena tumbuh kembang otak 80% terjadi pada masa dalam kandungan sampai usia 2 tahun.

Saat ini Riau Online akan membahas mengenai Otak, Kandungan omega 3 guna tumbuh kembang dan kecerdasan otak bayi, simak ulasannya berikut ini.

Asupan zat gizi

Asupan zat gizi sangat mempengaruhi tumbuh kembang otak bayi, ibu hamil dan menyusui. Zat gizi yang menunjang pertumbuhan dan perkembangan otak salah satunya adalah asam lemak omega 3 yang terdapat pada ikan.

Maka dari itu diharapkan masyarakat dapat memenuhi gizi yang seimbang dengan mengkonsumsi ikan, namun pada kenyataannya yang terjadi Indonesia merupakan negara dengan konsumsi ikan terendah di negara ASEAN.

Padahal 75% lebih wilayah yang ada di Indonesia adalah berupa lautan dan setidaknya terdapat 7% dari total potensi ikan laut dunia berada di wilayah Indonesia.

Zat yang mengandung asam lemak omega 3 merupakan zat gizi yang sangat penting untuk tumbuh kembang otak, karena didalamnya terkandung lemak esensial yang tidak diproduksi oleh tubuh yang terdapat pada makanan seperti kacang-kacangan dan ikan.

Zat ini merupakan rantai panjang asam lemak tak jenuh ganda yang terdiri dari DHA, EFA, dan AA. Asam DHA salah satu dari ketiga rantai panjang asam lemak tak jenuh ganda yang sangat berperan penting untuk perkembangan sinopsis otak janin dan baik dibandingkan dengan EFA dan AA.

Asam lemak omega-3 berperan dalam synaptogenesis, mielinasi pada otak bayi dan pembentukan dinding sel neuron. Ibu hamil dan menyusui sangat membutuhkan nutrisi yang terkandung pada asam lemak omega-3 ini guna mempengaruhi dalam pembentukan dan perkembangan otak bayi iya itu termasuk energi protein, zink, zat besi, kolin, tembaga dan juga memiliki fungsi yang berbeda terhadap otak.


Tumbuh kembang otak bayi

Otak, Kandungan omega 3 guna tumbuh kembang dan kecerdasan otak bayi selanjutnya adalah tumbuh kembang otak bayi. Proses normal pertambahan ukuran organisme merupakan bagian dari pertumbuhan, akibat pertambahan jaringan yang telah ada.

Dengan pertambahan kemampuan struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks yaitu perkembangan yang menyangkut adanya proses jaringan, organ dan sistem organ yang kemudian berkembang sedemikian rupa sehingga dapat memenuhi fungsinya.

Pola pertumbuhan seseorang sejak lahir sampai meninggal terdiri atas beberapa bagian yang menunjukkan kecepatan tumbuh yang cepat, diselingi oleh kecepatan tumbuh yang lambat.

Terdapat dua fase pertumbuhan cepat yaitu pada bayi dan remaja, untuk fase pertumbuhan diperlukan banyak bahan baru dalam pembentukan sel-sel jaringan pada otak.

Pada saat lahir,masa otak bayi hanya sekitar 26% dari massa otak dewasa dan 55% pada usia 1 tahun tetapi massa otak tersebut mencapai proporsi orang dewasa pada akhir tahun kedua.

Hal ini juga berhubungan dengan penutupan fontanel dan sutura dari tulang tengkorak yang memungkinkan hanya 20% pertumbuhan tambahan otak setelah 2 tahun pertama kehidupan.

Masa pertumbuhan otak tercepat berlangsung dari pertengahan masa kehamilan sampai 18 setelah lahir. Pada saat lahir, kotak mencakup 10% dari berat badan, berat otak dewasa sekitar 1,4 kg dan meliputi 2% dari berat badan.

Pertumbuhan dan perkembangan otak

Otak manusia terdiri sekitar 100 miliar sel neuron dengan fungsinya masing-masing, yang dibentuk pada saat janin masih dalam kandungan. Kesempurnaan pembentukan dan tumbuh kembang otak janin tergantung pada keadaan gizi juga kesehatan ibunya selama hamil.

Pertumbuhan dan perkembangan otak berlangsung cepat, mulai dari trisemester ketiga yaitu sekitar berumur 25 Minggu hingga anak berusia 2 tahun. Proses tumbuh kembang otak sangat kompleks dan melalui beberapa tahapan yaitu pemindahan sel saraf, penambahan sel sel saraf, perubahan sel saraf, pembentukan jaringan saraf dengan yang lainnya dan pembentukan selubung saraf.

 

 

Sejak lahir masa otak bayi hanya sekitar 26% dari massa kotak dewasa hal ini juga berhubungan dengan penutupan fontanel dan sutura dari tulang tengkorak yang mungkin hanya 20% pertumbuhan tambahan otot setelah 2 tahun pertama kehidupan.

Sekian informasi mengenai Otak, Kandungan omega 3 guna tumbuh kembang dan kecerdasan otak bayi. Semoga informasi yang telah Riau Online berikan bermanfaat bagi pembaca.