Angka Pengangguran di Tengah Pandemi Covid-19

ilustrasi-pengangguran3.jpg
(katadata.co.id)

Laporan Linda Mandasari

RIAUONLINE, PEKANBARU-Virus covid19 tidak hanya menyerang manusia tetapi juga menyerang perekonomian Indonesia sehingga membuat ekonomi Indonesia semakin terpuruk.

Adanya pandemik covid-19 ini menyebabkan angka pengangguran di Indonesia meningkat dengan sebab banyaknya PHK di masa pandemi ini. Saat ini Riau Online akan membahas mengenai Covid-19, Angka pengangguran di tengah pandemi covid-19, simak ulasannya berikut ini.

Dampak Covid-19 bagi perekonomian Indonesia

Pemerintah Indonesia sudah menghitung dampak terburuk covid-19 dengan skenario berat hingga lebih berat. Pandemi covid-19 ini meningkatkan jumlah kemiskinan dan pengangguran.

 

Padahal dalam kenyataannya 5 tahun ini pemerintah terbilang sukses untuk menekan angka kemiskinan dan pengangguran. Namun karena hadirnya covid-19 yang terjadi adalah semua perekonomian di berbagai negara Indonesia tertekan.

Penyebab angka pengangguran meningkat di masa Pendemi


Sejak adanya pandemi covid-19 banyak sekali dampak yang ditimbulkan oleh Pendem ini baik dari segi ekonomi, politik, sosial maupun budaya semua merasakan dampaknya. Dari segi ekonomi ternyata pandemi ini juga meningkatkan angka pengangguran di Indonesia hal ini disebabkan oleh beberapa faktor antara lain:

  • Banyaknya perusahaan perusahaan yang menutup atau pun ditutup operasionalnya, sehingga mendorong perusahaan tersebut memihak karyawan-karyawannya di mana salah satu penyebab pengangguran ialah PHK.
  • Adanya rasa takut yang tinggi dan aturan pemerintah untuk di rumah saja selama pandemi ini membuat masyarakat terbatasi dalam bekerja ataupun melakukan usaha sehingga mereka lebih memilih menganggur dan bahkan terpaksa harus menganggur karena aturan tersebut.
  • Adanya lockdown atau psbb membuat pengguna barang dan jasa atau pelanggan sepi sehingga mengakibatkan usaha-usaha dibidang ekonomi tertutup dan menyebabkan mereka menganggur.

Covid-19, Angka pengangguran di tengah pandemi covid-19

Solusi agar pengangguran tidak meningkat pesat di masa pandemi

Indonesia telah mengambil langkah-langkah untuk menghambat penyebaran pandemi dan juga mengambil kebijakan-kebijakan untuk membantu ekonomi masyarakat yang terdampak, memberikan insentif dunia usaha serta meningkatkan stimulus terhadap ekonomi makro. Adapun solusi yang bisa dilakukan agar pengangguran tidak meningkat pesat adalah:

  • Mendorong kepada dunia usaha melalui pemberian insentif agar mereka mengoptimalkan alternatif alternatif untuk mempertahankan tenaga kerja mereka dibandingkan dengan PHK. Beberapa alternatif tersebut diantaranya pengurangan jam kerja dan hari kerja, pengurangan shift dan lembur, hingga pemotongan gaji dan penundaan tunjangan dan insentif.
  • Mengoptimalkan program kartu Pra-kerja di masa program ini dapat menjadi basis untuk membenahi data pengangguran sehingga dapat dijadikan sebagai basis data pengangguran yang real time, yaitu dapat dijadikan sebagai basis kebijakan kebijakan di bidang ketenagakerjaan seperti memberikan sejenis and employee benefit baik berbentuk bantuan untuk mendapatkan pekerjaan. Apalagi sasaran kartu pra kerja sebanyak 5,6 juta orang setara dengan 80% angka pengangguran yang mencapai 7 juta orang.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa covid-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh jenis Corona virus yang baru ditemukan. Hal ini merupakan virus baru dan penyakit yang sebelumnya tidak dikenal sebelum terjadi wabah di Wuhan Tiongkok bulan Desember 2019.

Orang dapat tertular oleh covid-19 dari orang lain yang sudah terjangkit virus covid-19 di mana virus ini dapat menyebar melalui percikkan percikkan dari hidung maupun mulut yang keluar saat orang terpapar virus ini batuk atau mengeluarkan nafas kondisi ini sangat menakutkan semua negara.

Sehingga kita diimbau untuk selalu waspada dengan virus ini. Dampaknya perekonomian terganggu. Negara-negara di dunia banyak menghentikan kegiatan produksinya, orang-orang dilarang berpergian sehingga ikut menganjurkan sektor pariwisata, pendapatan individu, perusahaan bahkan negara menurun.

 

Karena itu tidak hanya masyarakat secara pribadi yang merasakan imbasnya tetapi seluruh sendi kehidupan terutama karyawan perusahaan yang banyak dirumahkan.

Sekian informasi mengenai covid-19, Angka pengangguran di tengah pandemi covid-19. Semoga informasi yang telah Riau Online berikan bermanfaat bagi pembaca.