OJK Riau dan Kadin Luncurkan Mobil Vaksin Keliling, Bantu Masyarakat Capai Herd Imunity

loncing-mobil-vaksin.jpg
(Haslinda/ RIAUONLINE)

Laporan: Haslinda

RIAUONLINE, PEKANBARU - Bertepatan dengan HUT OJK ke-10 pada 22 November 2021 lalu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama dengan Kamar Dagang Industri (Kadin) melaunching mobil vaksinasi keliling. Kegiatan ini berlangsung di halaman Kantor OJK Riau Jalan Arifin Achmad, Pekanbaru, Rabu, 24 November 2021.

Deputi Direktur Pengawasan LJK Kantor OJK Provinsi Riau, Elvira Azwan mengatakan sebagaimana intruksi Presiden RI, OJK dan Sektor Jasa Keuangan berkomitmen melakukan percepatan pelaksanaan vaksinasi sebagai upaya pemulihan ekonomi nasional dan mencapai herd imunity.

"Kami dipercaya Kadim untuk menjadi tuan rumah dalam vaksinasi massal. Momen inilah sebagi bukti nyata OJK dalam mendukung pemerintah mensukseskan vaksinasi kepada masyarakat yang akan berdampak kepada peningkatan perekonomian nasional," ujar Elvira, Rabu 24 November 2021.

Dijelaska Elviza, kegiatan ini tidak hanya dilakukan di Kota Pekanbaru, namun tersebar di beberapa 12 Kabupaten dan Kota lainnya. Sehingga penyebaran masyarakat penerima vaksin semakin luas dan merata.


"OJK dengan tangan terbuka siap berkolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan untuk mempercepat pelaksanaan vaksinasi terutama di jaringan kantor OJK yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia," terangnya.

Hal senada diungkapkan Dewan Pertimbangan Kadin Indonesia, Arsyadjuliandi Rachman. Ia mengatakan siap mendistribusikan mobil vaksin untuk mencapai daerah-daerah terpelosok.

"Vaksinasi Covid-19 yang kami taja ini merupakan bentuk vaksin gotong royong. Tujuannya agar membantu pemerintah mempercepat herd imunity masyarakat, khususnya di Riau," tuturnya.

Anggota DPR RI Dapil Riau ini juga menyebut pihaknya akan menargetkan penyaluran vaksinasi untuk 5 kabupaten kota di Riau, diantaranya Pekanbaru, Dumai, Bengkalis, Kampar, dan Indragiri Hilir.

"Jadi kami menyasar segmentasi umum sebagai penerima vaksinasi. Baik kelompok lanjut usia, sampai pekerja lapangan, buruh, pelaku UMKM, dan sebagainya," ujarnya.

Sementara itu, Waketum Kadin Riau, Iva Desman menjelaskan bahwa Riau merupakan provinsi ke delapan di seluruh Indonesia yang mendapatkan bantuan program mobil vaksin.

"Mobil vaksin ini diberdayakan untuk pelaksanaan vaksin jemput bola dengan mendatangi daerah yang menjadi target vaksin. Kita berharap mobil vaksin akan membawa kebaikan untuk masyarakat Riau," sebutnya.

Sebagai informasi, kegiatan Launching Mobil Vaksinasi Keliling dan Vaksinasi Massal ini diselenggarakan oleh Kadin Indonesia yang bekerjasama dengan Kadin Riau dan OJK Provinsi Riau. Selain itu, juga dilakukan secara bersama-sama dengan Industri Jasa Keuangan dan Asosiasi Usaha untuk bahu membahu melaksanakan kegiatan Vaksinasi bagi masyarakat di Provinsi Riau.