Wagubri: RAPBD Riau 2022 Fokus pada Pembangunan dan Pemulihan Ekonomi

Edy-Natar-Nasution19.jpg
(Wayan Sepiyana/RiauOnline)

Laporan: BAGUS PRIBADI

RIAU ONLINE, PEKANBARU – DPRD Riau mengadakan Rapat Paripurna mengenai Penyampaian Nota Pengantar Keuangan tentang APBD Riau Tahun Anggaran 2022. Rapat itu dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Riau, Hardianto, yang menyampaikan agenda tersebut guna mendengar Nota Pengantar Keuangan tentang APBD Riau 2022.

“Hal ini akan disampaikan oleh Wakil Gubernur Riau, Edy Nasution,” katanya sembari mempersilakan Edy menuju mimbar.

Edy menyampaikan penyusunan RAPBD Riau 2022 masih sangat dipengaruhi oleh kebijakan pusat. Sebab itu, selaras dengan pemerintah pusat, Pemprov Riau menyampaikan RAPBD Riau 2022 disusun dengan memprioritaskan pembangunan dan pemulihan ekonomi.

“Tentu dengan tetap memperhatikan penanganan Covid-19, kesehatan, pendidikan yang berguna untuk masyarakat Riau,” kata Edy, Rabu, 24 November 2022.


Pada 2022, Edy mengatakan pihaknya akan memberi perhatian besar pada berbagai program terkait pembangunan dan pemulihan ekonomi daerah yang lebih produktif. Menurutnya, hal itu dilakukan guna program bisa tercapai secara strategis yang sesuai dengan kebijakan dan prioritas pembangunan yang tertuang dalam RAPBD Riau 2022.

“Berdasarkan kebutuhan tersebut, maka nilai APBD Riau 2022 direncanakan sebesar Rp 8.656.846.387.857,” ungkapnya.

Selain itu, ia menuturkan dari sisi penerimaan pembiayaan untuk SiLPA diperkirakan sebesar Rp 125 miliar. Sedangkan untuk pengeluaran biaya yang sesuai dengan Perda Riau No 3 Tahun 2021 tentang Pengembangan PT Bank Riau Kepri dan PT Jaminan Kredit Daerah, dialokasikan anggaran sebesar Rp 100 miliar.

“Tentunya kebijakan ini dilakukan dengan harapan meningkatkan pendapatan daerah di Provinsi Riau,” tutupnya.