Eksotisnya Tol Kahyangan, Jalan Menembus Kabut Seolah Menembus Kahyangan

Tol-Kahyangan.jpg
(©YouTube/Sulis Purnawan)

RIAUONLINE, PEKANBARU-Bagi pecinta wisata, khususnya di wilayah Jawa Tengah, Tol Kahyangan sudah bukan hal asing lagi 

Di Jawa Tengah sendiri ada dua ruas yang disebut-sebut sebagai Tol Kahyangan.

Semenjak punya nama populer itu, keberadaan Tol Kahyangan semakin ramai dikunjungi ribuan wisatawan, baik dari Jateng maupun wisatawan luar.

Diwartakan Ayosemarang.com--jaringan Suara.com, istilah Tol Kahyangan muncul pada pertengahan tahun 2020 yaitu saat viralnya jalan yang terlihat mengarah ke langit.

Jalan ini terdapat di dataran tinggi, sehingga saat tertutup kabut jalan ini seolah benar-benar dapat menembus kahyangan.

Lalu di mana saja dua Tol Kahyangan milik Jawa Tengah?

Tol Kahyangan Kabupaten Batang


Tol Kahyangan yang pertama adalah Tol Kahyangan yang terletak di Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Tepatnya, wisata Tol Kahyangan ini berada di Jl Bawang, Sigemplong, Pranten, Bawang, Kabupaten Batang.

Tol Kahyangan Bawang ini viral di pertengahan tahun 2020 sekitar bulan Juli. Pada mulanya jalan ini hanyalah jalan yang digunakan oleh masyarakat untuk dapat sampai ke pusat keramaian.

Menengok Eksotisnya Tol Kahyangan di Jawa Tengah, Pesonanya Bikin Mata Melek

Pemandangan di Tol Kahyangan Dieng saat siang hari. [Instagram/lilyanisoetirta]

Namun semakin lama jalan ini semakin ramai dijadikan jalan alternatif dari Banjarnegara menuju Batang di Dieng, berlaku pula sebaliknya.

Jalur ini menjadi semakin ramai ketika banyak dilewati oleh rombongan premotor/touring. Para pengendara menyukai jalur ini karena jalannya yang berkelok-kelok dan menyuguhkan pemandangan yang menawan.

Tol Kahyangan Kabupaten Magelang

Tol Kahyangan kedua adalah Tol Kahyangan yang terletak di Kabupaten Magelang. Lebih tepatnya, Tol Kahyangan ini terletak di Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Tol Kahyangan Magelang ini tengah hits di kalangan wisatawan karena keindahan pemandangan serta rute yang tidak begitu sulit untuk diakses.

Jalan ini adalah jalan yang menghubungkan Dusun Suwanting, Desa Banyuroto dengan Dusun Wonodadi, Desa Wonolelo.

Apabila mendatangi Tol Kahyangan ini sebelum matahari terbit, keindahan matahari terbit akan muncul di antara dua gunung, yaitu Gunung Merapi dan Gunung Merbabu.

Apabila Anda ingin mendatangi Tol Kahyangan ini, disarankan untuk melewati Wonolelo saja karena jalan lebih mudah diakses.