Tips Menjaga Kesehatan di Masa Pandemi, Jangan Lengah, Covid-19 Mengintai

Tips-menjaga-kesehatan.jpg
(hellosehat.com)

Laporan Linda Mandasari

RIAUONLINE, PEKANBARU-Di masa pandemi saat ini, pastinya setiap orang ingin menjaga kesehatannya agar terhindar dari penyakit covid-19.

Covid-19 atau penyakit virus corona adalah penyakit menular yang di sebabkan oleh virus SARS-CoV-2.

Sebagian besar orang yang tertular covid-19 akan mengalami gejala ringan hingga sedang, dan akan pulih tanpa penanganan khusus.

Namun, sebagian orang akan mengalami sakit parah dan memerlukan bantuan medis. Maka dari itu, kita di anjurkan untuk tetap stay di dalam rumah, dan hindari keramaian.

Selain itu kita dapat menerapkan hidup sehat meskipun di dalam rumah. Saat ini Riau Online akan memberikan informasi mengenai Covid 19 pencegahan,  Covid-19 masih mengintai, jangan lengah! Tips menjaga kesehatan di masa pandemi, simak ulasannya berikut ini.

1. Berolahraga secara rutin

 Olahraga Barengan Sama Teman, Selain Asik Ini Manfaat Yang Akan Anda  Dapatkan... - Dokter.id

Covid-19 masih mengintai, jangan lengah! Tips menjaga kesehatan di masa pandemi / dokter.id

 

Banyak orang enggan melakukan olahraga di masa pandemi, karena takut beraktivitas diluar, alasannya mereka ingin mencegah penularan ataupun penyebaran virus, apalagi jika tidak mengikuti protokol kesehatan.

 

Namun, bagaimanapun olahraga sangat penting bagi kesehatan, terutama di masa pandemi, karena olahraga dapat memberikan manfaat, baik secara fisik maupun psikologis.

Kedua hal tersebut akan dapat mempengaruhi sistem imunitas di dalam tubuh. Maka dari itu kamu meskipun kamu tidak bisa berolah raga di luar kamu bisa berolahraga yang simple di rumah.


2. Makan makanan bergizi

 6 Makanan Bergizi Baik untuk Dikonsumsi Sehari-Hari

Covid-19 masih mengintai, jangan lengah! Tips menjaga kesehatan di masa pandemi / lemonilo.com

Di masa pandemi saat ini, kita di anjurkan untuk mengonsumsi makan makanan yang bergizi, agar memperkuat imun tubuh dalam menghadapi virus covid-19.

Sebaiknya mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin c dan e, karena vitamin c dan vitamin e dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh kamu sehingga terhindar dari berbagai penyakit. Karena itulah vitamin c dan vitamin e sangat penting untuk di konsumsi di tengah kondisi pandemic ini.

3. Tidur yang cukup

 Tidur Cukup dan Berkualitas Bisa Bikin Kulit Sehat | Republika Online

Covid-19 masih mengintai, jangan lengah! Tips menjaga kesehatan di masa pandemi / republika.co.id

Covid 19 pencegahan,  Covid-19 masih mengintai, jangan lengah! Tips menjaga kesehatan di masa pandemi selanjutnya adalah tidur yang cukup.

Hal ini  penting saat masa pandemi, karena di percaya dapat menaikkan sistem imun tubuh. Tidur yang cukup memiliki banyak manfaat, seperti memperkuat sistem kekebalan tubuh, tubuh akan terasa lebih sehat dan masih banyak lainnya. Selain itu, dapat mengendalikan perasaan stres dan membuat tubuh lebih focus saat bekerja.

4. Minum banyak air putih

 Kenali 10 Manfaat Minum Air Putih untuk Kesehatan - Alodokter

Covid-19 masih mengintai, jangan lengah! Tips menjaga kesehatan di masa pandemi / Alodokter

Pastinya kamu tidak asing lagi dengan anjuran untuk mengonsumsi air putih dengan jumlah yang cukup, yakni sebanyak delapan gelas perhari. Karena ada banyak manfaat air putih untuk kesehatan termasuk untuk daya tahan tubuh.

Salah satu manfaat nya adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena air dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan cairan yang ada pada tubuh.

Cairan-cairan ini dapat membantu terbentuknya sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat sehingga dapat mencegah tubuh dari serangan sumber penyakit seperti bakteri, kuman dan lainnya.

5. Vaksin

 Vaksin Covid-19: Negara-negara termiskin di dunia tak boleh ';terinjak-injak  dalam perebutan vaksin corona';, menurut WHO - BBC News Indonesia

Covid-19 masih mengintai, jangan lengah! Tips menjaga kesehatan di masa pandemi / bbc.com

Vaksinasi adalah proses di dalam tubuh, dimana seseorang menjadi kebal atau terlindungi dari suatu penyakit. Sebagaimana manfaat dari vaksin lainnya, vaksin covid-19 bermanfaat untuk memberi perlindungan tubuh agar tidak jatuh sakit akibat covid-19 dengan cara menimbulkan atau mentimulasi kekebalan spesififk dalam tubuh.

 

Oleh sebab itu, meski sudah divaksin covid-19, kita direkomendasikan tetap menjalan kan protocol kesehatan (prokes), yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak untuk mencegah penularan virus corona.

Sekian informasi mengenai Covid 19 pencegahan,  Covid-19 masih mengintai, jangan lengah! Tips menjaga kesehatan di masa pandemi. Semoga informasi yang telah Riau Online berikan bermanfaat bagi pembaca.