5 Sarana Transportasi Riau, Pilih Sesuai Seleramu

5-Sarana-Transportasi-Riau.jpg
(istimewa)

Laporan Linda Mandasari

RIAUONLINE, PEKANBARU-Tranportasi merupakan alat yang mempermudah seseorang untuk berpindah tempat. Adanya alat transportasi semakin mempermudah manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Transportasi merupakan sarana yang memiliki banyak manfaat bagi kehidupan, salah satunya yaitu mempercepat proses perpindahan tempat dalam waktu singkat. Pada dasarnya sarana transportasi dibagi menajdi 3 yaitu transportasi darat, laut dan udara.

Sarana transportasi memiliki 2 jenis yaitu alat transportasi tradisional dan alat transportasi modern. Riau Online akan memberikan informasi mengenai Sejarah Riau, 5 Sarana Transportasi Riau, simak ulasannya berikut ini.

1. Pompong

Danlantamal IV Kembali ajak Penumpang Pompong Gunakan Life Jacket

Sejarah Riau, 5 Sarana Transportasi Riau /batamtoday.com


Pompong merupakan kapal motor yang berfungsi sebagai serana transportasi air yang menggunakan mesin sebagai media penggeraknya.

 

 

Pompong juga alat transportasi tradisional masyarakat kepulauan Riau, khususnya masayarakat melayu. Di daerah lain disebut dengan nama berbeda. Tentunya juga memiliki perbedaan dan kesamaan. Biasanya kapal pompong digunakan oleh masyarakat sebagai sarana transportasi penyeberangan antar pulau.

2. Oplet/ angkot



Sejarah Riau, 5 Sarana Transportasi Riau / riauair.com


Oplet atau angkot (angkutan kota) merupakan sebuah istilah bagi mobil penumpang ukuran kecil yang sudah ada sejak tahun 1950-an.

Angkot adalah sebuah transportasi umum dengan rute yang sudah ditentukan. Tidak seperti bus yang mempunyai halte bus sebagai tenpat perhentian yang sudah di tentukan, sedangkan angkutan kota bisa berhenti untuk menaikkan atau menurunkan penumpang dimana saja. Angkot termasuk sarana transportasi darat.

3. Bus

Riau Tempo Dulu - [ Reposting ] Potret bus Cahaya Kampar... | Facebook

Sejarah Riau, 5 Sarana Transportasi Riau / facebook.com

Sejarah Riau, 5 Sarana Transportasi Riau selanjutnya ialah Bus. Bus merupakan kendaraan darat yang dirancang untuk mengangkut banyak penumpang.

Di zaman sekarang, bus memiliki banyak jenisnya, seperti bus transit perkotaan dan bus antarkota, bus sekolah, dan masih banyak lainnya. Dulunya, bus memiliki banyak macam, ada bus yang ditarik kuda yang digunakan dari tahun 1820-an, bus uap pada tahun 1830-an, bus listrik pertama pada tahun 1882.
4. Perahu

Sampan Riau dan Perahu-Perahu Tradisional di Kepulauan Riau-Lingga Tahun  1950-an | Jantungmelayu.com

Sejarah Riau, 5 Sarana Transportasi Riau / jantungmelayu.com


Perahu adalah kendaraan air yang berkuran kecil.

Biasanya tidak mampu membawa beban besar. Perahu merupakan kendaraan yang banyak digunakan di kepulauan Riau, dikarenakan Kepulauan Riau merupakan sebuah provinsi kepulauan yang terletak di Negara kepulauan, maka transportasi air menjadi jenis transportasi utama. Hubungan antar pulau banyak dihubungi oleh transportasi air.

5. Kereta Api

Wah, 17 Jalur Kereta Api akan Dibangun di Riau, Berikut Daerah yang  Terhubung dan Rutenya | RIAU1.COM


Sejarah Riau, 5 Sarana Transportasi Riau / m.riau1.com

Riau memiliki jelur kereta api muarakalaban-muaro-pekanbaru. Jalur ini merupakan jalur kereta api non aktif antara Muaraklaban sampai dengan pekanbaru sepanjang 246 kilometer yang dibangun oleh dua pihak dan masa yang berbeda, Staatsspoorwegen ter Sumatra’s wesrkust pada masa Hindia-Belanda dan Rikuyu Sokyoku pada masa pendudukan Jepang dengan menggunakan tenaga pekerja romusa maupun tahanan perang.

 

 

 

 

Sebagian dari jalur tersebut hanya segmen muarakalaban – muaro yang di operasikan oleh Wilayah Aset Divre II Sumatra Barat.

Untuk segmen kelanjutannya masih dalam proses penggodokan untuk dibangun sebagai bagian dari megaproyek jalur kereta api trans-sumatra.