Sumpah Pemuda, Menpora Dorong Pemuda Miliki Minat Kewirausahaan

Sumpah-pemuda3.jpg
(Muthi Haura/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU-Dalam rangka Hari Sumpah Pemuda ke-93 Tahun 2021, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainuddin Amali mengatakan, pihaknya mendorong pemuda untuk memiliki minat pada bidang wirausaha.

Pemerintah mendorong wirausaha baru bagi pemuda dalam hal, penumbuhan minat, pemberian bantuan, pendampingan para calon wirausaha, termasuk wirausaha yang berbasis perguruan tinggi, pesantren sampai pada apresiasi wirausaha berprestasi.

 

"Upaya ini tentu tidak akan berdampak maksimal tanpa dukungan dan ikhtiar para pemuda. Pemuda turut serta membangun bangsa ini secara bersama-sama," katanya saat memberikan sambutan pada acara Puncak Hari Sumpah Pemuda ke-93 Tahun 2021 secara virtual, Kamis, 28 Oktober 2021.

 

Menurut Zainuddin Amali, mendorong pemuda untuk memiliki minat dalam bidang kewirausahaan ini sebagai upaya percepatan pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19. 

 

Hal ini dikarenakan, pandemi Covid-19 tidak hanya berdampak pada kesehatan, namun juga ekonomi, pendidikan, dan kehidupan sosial masyarakat Indonesia.

 


“Akibat pandemi Covid-19 ini, memberikan dampak luar biasa. Sebanyak 29,12 juta penduduk usia kerja, 2,56 jutanya menjadi pengangguran," ujarnya.

 

.

 

Pandemi Covid-19 ini menjadi  momentum bangsa Indonesia untuk segera bergerak tumbuh secara ekonomi. Khususnya ekonomi yang mendorong kemandirian pemuda, kesejahteraan diri, dan  memberikan dampak ekonomi pada bangsa Indonesia secara keseluruhan.

 

"Terutama memulihkan kondisi ekonomi para pemuda sebagai segmen yang paling terdampak oleh situasi Covid-19," pungkasnya.