Jokowi Minta Setiap Daerah Fokus Pada Produk Unggulannya

Jokowi-tanam-mangrove.jpg
(Andrias/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU-Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) meminta setiap daerah untuk fokus dalam mengembangkan produk unggulannya masing-masing.

 

"Setiap daerah harus fokus pada produk unggulannya, sehingga bisa saling menopang. Bisa saling mengisi. Bisa saling melengkapi dalam value chain nasional kita,” katanya dari hasil pantauan RIAUONLINE.CO.ID di website resmi Sekretariat Kabinet Republik Indonesia, Jum'at, 22 Oktober 2021.

 

Jokowi mengatakan, perdagangan antardaerah baik antarkabupaten, antarprovinsi, maupun antarpulau diperkuat. 

 

Potensi pasar dalam negeri masih terbuka lebar. Ini harus dimanfaatkan sehingga tidak diisi oleh produk-produk dari negara lain. 

 

“Pasar dalam negeri  sangat potensial. Sangat besar karena jumlah penduduk kita 270 juta dan kelas menengahnya bertumbuh sangat pesat. Ini yang harus menjadi peluang untuk memperkuat industri dalam negeri kita. Jangan sampai pasar yang besar ini diambil oleh produk-produk negara lain,” ujarnya.

 


Lebih lanjut, Jokowi berujar,  perekonomian Indonesia harus kembali diaktifkan dengan tetap memperhatikan penanganan kesehatan di tengah pandemi Covid-19. Upaya ini juga harus mengedepankan kesiapsiagaan dalam menghadapi tantangan ketidakpastian global saat ini.

 

 

 

 

 “Perekonomian perlu diaktifkan dengan tetap waspada terhadap masalah kesehatan. Saya setuju perdagangan, turisme, investasi harus mulai digerakkan. Jangan terlambat. Tetapi dengan catatan, kesehatan tetap nomor satu,” pungkasnya.