4 Sungai Besar di Riau yang Jadi Urat Nadi Warga Bumi Lancang Kuning

Sungai-kampar.jpg
(Okezone travel)

Laporan Linda Mandasari

RIAUONLINE, PEKANBARU-Jalur transportasi yang dipergunakan oleh masyarakat Riau pada zaman dulu yaitu sungai.

Sungai bahkan seringkali disebut sebagai urat nadi Melayu.

Alasannya karena sungai merupakan bagian dari perjalanan kehidupan masyarakat untuk mendapatkan sumber kehidupan, sehingga masyarakat setempat memiliki kebijakan adat tentang pengelolaan sungai.

Tak heran karena Riau memiliki beberapa sungai besar yang masih dimanfaatkan sumber daya alamnya hingga kini. Riau online akan membahas mengenai Riau Islands, 4 Sungai besar di Riau, simak ulasannya berikut ini.

1. Sungai Siak

10 Gambar Sungai Siak Pekanbaru, Sejarah Legenda Lokasi Alamat Kisah Mitos  Tempo Dulu Panjang Jembatan | JejakPiknik.Com
4 Sungai besar di Riau / jejakpiknik.com


Sungai Siak yang memiliki nama lain Sungai Jantan ini disebut menjadi sungai terdalam di Indonesia, kedalamannya hingga 30 meter.

Namun saat ini sudah mengalami pendangkalan dan kedalamannya hanya sekitar 18 meter.

Sungai Siak ini melintasi wilayah Kabupaten Kampar, Kota Pekanbaru dan Kabupaten Siak. Dahulu Sungai Siak merupakan jalur perdagangan yang dapat dilalui kapal-kapal ukuran besar.

 

Beberapa jembatan dibangun agar dapat melintasi Sungai, terdapat 4 jembatan di Kota Pekanbaru ini untuk melintasi Sungai Siak.

Namun disayangkan kualitas air yang ada di sungai ini semakin menurun karena pencemaran lingkungan. Hingga saat ini Sungai Siak masih dimanfaatkan nelayan untuk mencari ikan.

2. Sungai Kampar

Keren, Sungai Kampar di Riau Punya Ombak Fenomenal Bisa untuk Surfing :  Okezone Travel

4 Sungai besar di Riau / travel.okezone.com

Sungai kampar ini merupakan hasil pertemuan antara dua sungai besar yaitu sungai kampar kanan dan sungai kampar kir, yang menjadikan sungai ini menjadi satu dan diberilah nama sungai kampar.


Sungai kampar mengalir dari hulu dikawasan Bukit Barisan dan bermuara di Pesisir Riau tepatnya di Kabupaten Pelalawan, dan juga sungai ini dimanfaatkan sebagai pembangkitListrik Tenaga Air atau PLTA Koto dengan kapasitas 114 Megawatt.

Destinasi wisata di Sungai ini terkenal dengan ombak bono. Ombak tersebut merupakan ombak yang terjadi diarus muara sungai kampar.

Ini merupakan fenomena alam yang menarik dan langka, ombak ini muncul karena pertemuan arus pasang air laut dengan arus sungai dari hulu menuju muara sungai kapar dan ombak ini membentuk gelombang hingga 40 kilometer dengan ketinggian 4 hingga 5 meter.

3. Sungai Rokan

Bupati Rohil: Sungai Rokan Potensi Atasi Karhutla » INFOROHIL.COM

4 Sungai besar di Riau / inforohil.com

Sama seperti sungai siak dan sungai kampar, sungai rokan juga memiliki peranan penting dalam kehidupan masyarat Riau.

Sungai ini menyuguhkan keindahan alam dan dimanfaatkan untuk kebutuhan air bersih dengan adanya PDAM Durolis yang merupakan Sistem Penyediaan Air Mineral (SPAM) regional Dumai, Rokan Hilir dan Bengkalis yang disingkat Durolis.

Kementrian PUPR menargetkan 10 juta rumah yang ada di Kota Dumai, Kabupaten Rokan Hilir dan Bengkalis akan teraliri air bersih pada tahun 2024 mendatang dari Sistem penyediaan air minum Durolis tersebut.

4. Sungai Indragiri

Jembatan Indragiri Rumbai Jaya - RiauMagz

4 Sungai besar di Riau / riaumagz.com

Urutan sungai yang ke empat yaitu sungai indragiri, hulu sungai ini berada dikawasan barisan hilirnya d ipesisir pulau Sumatra tepatnya di Kabupaten Indragiri Hilir.

 

Aliran sungai ini melintasi Kabupaten Kuantan Singingi, Indragiri Hulu dan Indragiri Hilir. Berbagai kegiatan wisata juga digelar oleh Pemerintah Daerah di kawasan sungai ini, guna menarik perhatian pengunjung untuk datang.

Aliran sungai ini memiliki cerita menarik bagi perkembangan zaman dikawasan tersebut, termasuk kisah kerajaan Indragiri yang cukup fenomenal.


Sekian informasi mengenai Riau Islands, 4 Sungai besar di Riau. Semoga informasi yang telah Riau Online berikan bermanfaat dan menambah referensi ketika anda ingin berkunjung ke Riau untuk berlibur di akhir pekan.