Pemkab Siak Kejar Terget 70 Persen Vaksinasi Masyarakat

vaksin-alfedri.jpg
(istimewa)

Laporan: HENDRA

RIAU ONLINE, SIAK - Bupati Siak Alfedri meninjau pelaksanaan vaksinasi massal di Kecamatan Kandis, Siak, Riau, Selasa, 28 September 2021.

Melihat tingginya antusias masyarakat, Alfedri yang didampingi kepala Dinas Kesehatan kabupaten Siak Tonny Chandra akan upayakan penambahan vaksin untuk masyarakat.

Seribu dosis vaksin disediakan oleh pemerintah Daerah untuk vaksinasi massal di kecamatan Kandis. Namun jumlahnya tidak mencukupi karena banyaknya permintaan.

Bupati Alfedri menjelaskan bahwa Vaksin ini merupakan program Dinas Kesehatan Kabupaten Siak, mendapatkan 5000 dosis dari Dinas Kesehatan Provinsi Riau. 


“Kita salurkan vaksin ini di kecamatan Kandis sebanyak 1.000 dosis, karena banyaknya permintaan sehingga kita tambah 300 dosis hari ini."

Sisa dari 5.000 dosis tersebut disebar di kecamatan lain, tujuannya untuk mengejar target vaksinasi 70 persen dari jumlah penduduk kabupaten Siak.

"Kita akan terus meminta tambahan dosis ke provinsi, pusat dan kelompok swasta untuk mencukupi jumlah vaksin di kabupaten Siak."

“Sampai hari ini vaksin kita secara keseluruhan baru 25 persen dari target 70 persen, rata-rata kabupaten Kota di Riau 20-25 persen dari total jumlah penduduknya,” kata dia.

Kementrian Kesehatan mengatur target vaksin 70 persen dari jumlah penduduk. Sedangkan jumlah penduduk kabupaten Siak saat ini sebanyak 320.000. Pihaknya akan berjuang untuk mencapai target tersebut.

“Begitu kita mendapatkan dosis vaksin langsung kami salurkan, jangan disimpan lama-lama, nanti target tidak tercapai."

saat ini pihaknya juga mendapat bantuan vaksin dari Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Siak dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Riau, Bantuan vaksin tersebut akan dapat menambah persentase masyarakat divaksin, tutup Alfedri.