Misi Pembangunan Daerah dan Cara untuk Mewujudkannya!

Misi-pembangunan-daerah.jpg
(Riau.go.id)

RIAUONLINE, PEKANBARU-Sejarah Riau mengenai Misi pembangunan daerah dilihat dari peluang dan potensi yang ada, optimis Visi Riau 2020 akan tercapai dan terwujud.

Namun jika dilihat dari realitas yang ada, banyak sekali tantangan dan hambatan yang perlu dicari solusi pemecahannya.

Memang waktu masih panjang namun bukan lah satu hal yang mudah untuk merealisasikan misi dan visi Riau 2020.

Apabila di era otonomi yang masih banyak ditemui kesimpangsiuran dalam penerapannya, hingga menjadikan daerah menafsirkan pengertian yang berbeda-beda dalam penerapan dan pelaksanaannya.

 

1. Misi Pembangunan Daerah

Guna mewujudkan dan merealisasikan visi pembangunan daerah Provinsi Riau maka ditetapkan misi pembagunan daerah sebagai berikut.


  1. Mewujudkan masyarakat Riau yang beriman dan bertakwa, berkualitas, sehat, cerdas, terampil dan sejahtera serta menguasasi milmu pengetahuan dan teknologi.
  2. Memeningkatkan peran lembaga pendidikan sekolah maupun luar sekolah guna membentuk karakter. Moral dan etika masyarakat yang agamis.
  3. Meningkatkan pelaksanaan penegakan supremasi hukum dan hak asasi manusia serta kehidupan demokrasi guna terciptanya masyarakat yang madani.
  4. Mewujudkan dan meningkatkan pembangunan infrastruktur ekonomi,sosial, politik dan budaya agar tercipta dan terlaksana pertumbuhan dan pemerataan pembangunan.
  5. Meningkatkan pembinaan industri, perdagangan dan jasa yang maju  didukung oleh agroindustri dan agrobisnis.
  6. Mengoptimalkan pengelolaan sumber daya alam untuk kesejahteraan rakyat melalui pembangunan daerah yang berkelanjutan.
  7. Meningkatkan hubungan kerja sama antar daerah Provinsi Riau, antar Kabupaten dan Kota dalam Provinsi Riau serta luar negri.
  8. Membina dan mengembangkan kebudayaan Melayu yang mampu mengikuti perkambangan zaman dengan baik dengan tidak menghilangkan jati diri.
  9. Mewujudkan dan meningkatkan fungsi manajemen, pemerintah daerah, pembentukan sikap kemandirian masyarakat yang memiliki jiwakewirausahaan sehingga tercipta pemerintah daerah yang bersih, baik, dan berwibawa.

Dalam rangka mewujudkan visi dan misi pembangunan Provinsi Riau Tahun 2020, pemerintah Daerah Riau membuat strategi kebijakan yaitu strategi jangka panjang dan strategi jangka pendek.

2. Strategi jangka panjang

Sejarah Riau mengenai Misi pembangunan daerah selanjutnya, adalah berikut strategi jangka panjang yang dilakukan.

  1. Menumbuhkan semangat pemantapan keamanan dan ketakwaan serta memperkokoh toleransi antar umat beragama.
  2. Mengembangkan mutu pendidikan sebagai upaya meningkatkan kemampuan penguasaan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  3. Meningkatkan mutu dan etos kerja sumber daya manusia yang dapat diandalkan dalam persaingan global.
  4. Melakukan penggalian, pengkajian dan memutakhirkan nilai-nilai kebudayaan Melayu secara terpadu dan berkesinambungan yang mendukung kemajuan.
  5. Meningkatkan kesadaran berbudaya Melayu dalam upaya menangkal budaya luar (asing) yang negatif.
  6. Melaksanakan pembanguna  ekonomi kerakyatan dengan penekanan sektor unggulan secara terpadu.
  7. Memantapkan otonomi daerah yang nyata, dinamis dan bertanggung jawab yang didukung oleh aparatur pemerintah .
  8. Membangun infrastruktur untuk menjunjung pembangunan yang berkelanjutan.
  9. Menegakkan hukum dan hak asasi manusia untuk menciptakan demokratisasi dan keadilan.
  10. Mewujudkan dan meningkatkan peyelesaian tata batas wilayah provinsi, kabupaten/kota sehingga tidak menimbulkan kerawanan sosial.

 

3. Strategi jangka pendek

Pada tahap awal kurun waktu lima tahun yang akan datang terdapat lima hal penting sebagai pemacu pembangunan Provinsi Riau dalam strategi pendek yang selanjutnya disebut dengan lima pilar pembangunan Riau yang substansinya sebagai berikut.

  1. Pembangunan dalam rangka meningkatkan iman dan takwa
  2. Pembinaan dan pengembangan sumber daya manusia
  3. Pembangunan ekonomi berbasis kerakyatan
  4. Pembangunan kesehatan dan olahraga
  5. Pembinaaan dan pengembangan kebudayaan

 

Sejalan dengan proses reformasi dan demokrasi termasuk dengan tuntutan ekonomi daerah yang lebih luas, pemerintah daerah diharapkan memiliki kemampuan dalam menangani permasalahan yang ada.

 

Sekian penjelasan Sejarah Riau mengenai misi pembangunan daerah, semoga informasi ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan bagi pembaca.

 

Sumber : Sejarah Perjuangan Rakyat Riau 1942-2002 Buku II

Penulis : Prof. Drs. Suwardi MS, dkk

Penerbit : PT SUTRA BENTA PERKASA Jl. Arifin Ahmad No. 148 Pekanbaru