Syarat dan Cara Mendaftar Sekolah Kedinasan, Jangan Sampai Keliru

Sekolah-kedinasan2.jpg
(istimewa)

Laporan Linda Mandasari

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Bagian yang sangat penting untuk diketahui dalam proses pendaftaran sekolah ikatan dinas yaitu alur pendaftaran.

Calon peserta nantinya dapat melakukan pendaftaran sesuai prosedur apabila mengetahui alur pendaftaran sekolah ikatan dinas.

Setiap calon peserta wajib melakukan pendaftaran secara online melalui Portal SSCN BKN di alamat sscasn.bkn.go.id. kali ini Riau Online akan memberikan informasi seputar daftar sekolah kedinasan, cara mendaftar kedinasan, simak ulasannya berikut ini.

Persiapkan dokumen yang diperlukan, dokumen terdiri dari :
1. Kartu Keluarga
2. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
3. Ijazah
4. Rapor SMA / Sederajat
5. Pas foto
6. Dokumen lain sesuai dengan ketentuan instansi yang akan dilamar

Peserta diimbau untuk teliti dan berhati-hati saat melakukan proses pendaftaran. Cek ulang kembali sebelum klik pada Akhiri proses pendaftaran


Alur Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas

1. Membuat Akun SSCASN Sekolah Kedinasan :
• Pendaftaran kun SSCASN Sekolah Kedinasan
• Halaman pendaftaran Akun SSCASN Sekolah Kedinasan
• Halaman berhasil melakukan pendaftaran akun SSCASN Seklah Kedinasan
• Mendapatkan Kartu Informasi akun SSCASN Sekolah Kedinasan

2. Login ke Portal SSCASN Sekolah Kedinasan dan Isi Biodata
• Log in
• Upload Foto Selfie (Swafoto)
• Mendaftar Formasi
• Notifikasi
• Entri Nilai
• Pengisian Biodata
• Unggah Dokumen
• Resume Pendaftaran
• Notifikasi Akhir Proses Pendaftaran
• Mendapat Kartu Pendaftaran SSCASN DIKDIN

Daftar sekolah kedinasan, cara mendaftar kedinasan, simak ulasannya berikut ini.
Ada beberapa Sekolah Ikatan Dinas yang dapat dipilih yaitu : STIS, STIN, PKN STAN, POLTEKIP, POLTEKIM, STMKG, IPDN, Poltek SSN dan Perguruan tinggi ikatan dinas di bawah Kementerian Perhubungan (Sekolah Tinggi, POLTEK dan Akademi) Alur dan Tata Cara Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas
Pelamar hanya dapat melamar 1 Sekolah Kedinasan.

 

Aturan lebih jelas mengenai sekolah kedinasan dan jurusan yang akan dipilih, silahkan cek di halaman web masing-masing sekolah kedinasan.
1. Pelamar harus masuk ke portal SSCASN di alamat : https://sscasn.bkn.go.id

2. Pelamar pilih menu Sekolah Kedinasan untuk masuk ke portal Sekolah Kedinasan, membuat akun lalu mencetak Kartu Informasi di alamat: https://dikdin.bkn.go.id

3. Pelamar melakukan log in dengan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan
4. Pelamar melakukan swafoto, mendaftar sekolah dan jurusan yang tersedia dan melengkapi formulir isian
5. Pelamar memasukan Nilai
6. Pelamar melengkapi Biodata
7. Pelamar mengunggah (upload) dokumen sesuai dengan persyaratan
8. Pelamar cek kembali isian Resume
9. Pelamar klik Kirim. Data yang telah dikirim tidak dapat diubah
10. Pelamar cek hasil verifikasi
11. Pelamar yang dinyatakan lulus verifikasi akan mendapatkan kode billing sebagai kode untuk pembayaran les seleksi. Atauran mengenai pembayaran silahkan cek di web instansi atau sekolah kedinasan yang dipilih.
12. Pelamar yang sudah melakukan pembayaran dan sudah diverifikasi pembayrannya akan mendapatkan Kartu Ujian
13. Pelamar mengikuti tahapan tes seleksi
14. Pelamar cek hasil kelulusan tes seleksi
15. Pelamar yang lulus tes seleksi dan dinyatakan diterima di sekolah kedinasan, harap menghubungi instansi atau sekolah kedinasan terkait proses selanjutnya
Calon peserta yang telah mendaftar di dikdin.bkn.go.id, selanjutnya mengikuti tahapan pendaftaran atau seleksi di Portal Instansi yang diminati.

Sekian informasi yang dapat Riau Online berikan mengenai daftar sekolah kedinasan, cara mendaftar kedinasan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi para pembaca terutama bagi anda yang berencana untuk daftar sekolah kedinasan, sukses selalu ya!