Bangkitkan Pariwisata, DPRD Riau Garap Rencana Jangka Panjang 2021-2035

Yulisman4.jpg
(Sigit Eka Yunanda/Riau online)

RIAUONLINE, PEKANBARU - DPRD Riau saat ini tengah menggarap Ranperda Rencana Induk Kepariwisataan Provinsi Riau Tahun 2021-2035.

Ketua DPRD Riau menyebut rencana jangka panjang ini amat dibutuhkan untuk dapat menggenjot potensi pariwisata Riau sehingga menjadi sumber alternatif Pendapatan Asli Daerah(PAD) di luar sumber daya alam Migas atau Sawit.

"Riau sudah sangat membutuhkan Perda ini, makanya kita berharap ini dapat diwujudkan segera," ujar Yulisman, Rabu, 14 September 2021.

Menurutnya, Riau memiliki banyak wisata yang saat ini belum dimaksimalkan. Padahal, jika dikelola dengan baik sangat potensial menarik wisman lokal dan internasional.


"Riau punya banyak destinasi wisata, kita ingin Riau menjadi daerah yang menjadi tujuan wisata baik dalam negeri maupun mancanegara," ujarnya lagi.

Untuk itu, menurutnya banyak yang perlu dibenahi Riau mulai dari tempat wisatanya maupun akses yang saat ini kerap menjadi wisata.

"Dalam rencana itu semua elemen lah, infrastruktur, kearifan lokal. Tapi nanti ada skala prioritasnya lah. Kita kaji betul," papar legislator Partai Golkar tersebut.

Salah satunya adalah sungai bono, yang disebutnya sudah kesohor dengan keunikan ombaknya namun belum maksimal karena akses yang cukup sulit.

Ia juga berharap masyarakat dapat terlibat aktif salag satunya mengeksplorasi potensi wisata di daerahnya yang mungkin saat ini belum diketahui.

"Kita juga berharap masukan dari masyarakat, barangkali ada yang ketinggalan belum tersohor," tutupnya.