Belum Serah Terima, Kantor Bea Cukai Bengkalis Jadi Sarang Ular

kantor-bc.jpg
(ANDRIAS/RIAUONLINE)

RIAU ONLINE, BENGKALIS - Bangunan kantor yang sudah lama berdiri tegak di Jalan Syahbandar II Desa Air Putih, Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis, Riau, hingga kini masih belum bisa digunakan.

Mirisnya, bangunan kantor yang sudah terbangun selama tujuh tahun belakangan itu, hanya ditumbuhi semak belukar hingga menjadi sarang hewan buas seperti ular.

Bangunan direncanakan untuk kantor Bea Cukai Bengkalis itu bukan tanpa alasan belum digunakan. Pihak Bea Cuka Bengkalis masih menunggu serah terima bangunan tersebut dari Pemkab Bengkalis.

Kepala kantor Bea dan Cukai Kabupaten Bengkalis, Ony Ipmawan menerangkan bahwa, hingga saat ini tahun 2021 bangunan untuk kantor bea dan cukai yang akan dihibahkan pemkab Bengkalis belum juga diserahterimakan.

"Kami pihak BC Bengkalis belum ada menerima penyerahan kantor itu. Memang secara regalformalnya juga belum ada dari pihak pemkab Bengkalis. Jadi kami juga tidak tau itu diserahkan seperti apa, atau apa hanya dihibahkan kita juga tidak tau," kata Ony Ipmawan, Selasa 7 September 2021.

Disodorkan poto bangunan kantor hasil liputan wartawan, Kepala Kantor BC Bengkalis Ony Ipmawan pun mengaku terkejut melihat kondisi kini bangunan tersebut.

Bahkan Ony, menyimpulkan bangunan itu sangat disyangkan setelah dibangun namun terbengkalai tanpa dimanfaatkan untuk kegunaanya.


"Jujur saja, saya memang belum pernah melihatnya, setelah saya melihat foto-foto ini ternyata bangunan kantornya cukup besar juga," ujarnya.

Diakui Ony, selama dirinya menjabat sebagai Kepala Kantor BC Bengkalis, memang dari pihak BC Bengkalis belum ada menerima penyerahan tersebut dari pemkab Bengkalis.

"Saya masuk di sini masih baru, sedangkan bangunan itu dibangun pada tahun 2013-2014 silam dan bangunan ini diperkirakan sudah lebih dari 7 tahun," ujarnya.

Tambah Ony, pihak BC Bengkalis akan menerima bangunan tersebut tetapi harus sesuai prosedur atau dengan mekanismenya.

" Jika sesuai prosedurnya pasti akan kita terima," tambahnya lagi.

Sebelumnya, bangunan untuk kantor yang direncakan dihibahkan ke pihak Bea dan Cukai dari Pemerintah Kabupaten Bengkalis itu dimasa Bupati Syamsurizal-Herliyan Saleh. Ini telah direncanakan untuk Kantor Bea dan Cukai berada pelabuhan Kargo, di Jalan Panglima Minal, Desa Air Putih-Bengkalis.

Gedung kantor Bea dan Cukai hibah Pemda Bengkalis yang telah selesai terbangun beberapa tahun menelan anggaran milyaran Rupiah. Namun kini terlihat cukup memprihatinkan. Gedung itu sudah terlihat semak belukar tumbuh tinggi dan tidak terawat.

Bahkan, kaca nako jendela sudah banyak yang pecah, sedangkan plafon gedung banyak yang jebol walaupun tembok gedung masih dapat dikatakan kokoh. Gedung itu sudah terpasang meteran listrik.

Gedung hibah dari Pemda itu, terlihat struktur bangunan yang terkesan mewah dan luas, sebab selain bangunan kantor 2 lantai, juga di belakangan terdapat gudang menyimpan barang dan diperkirakan dengan adanya gedung tersebut.

Sayangnya, berapa kisaran anggaran gedung tersebut belum bisa diketahui karena Kepala bidang Aset Pemkab Bengkalis yang baru saja dilantik, Rusmali belum bisa dikonfirmasi karena tidak ada di tempat.