Cara Pemko Pekanbaru Cegah Kerumunan Saat Vaksinasi

kerumunan-vaksinasi2.jpg
(RAHMADI DWI/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Vaksinasi di sejumlah lokasi di Kota Pekanbaru kerap menimbulkan kerumunan. Hal itu terjadi karena tingginya antusias masyarakat mendapatkan vaksin.

Wali Kota Pekanbaru, Firdaus mengaku masih adanya kerumunan saat vaksiansi karena banyak masyarakat yang belum memperoleh vaksin. Mereka rela antre di sejumlah layanan kesehatan dan lokasi vaksinasi lainnya.

"Begitu vaksin datang, kita berupaya agar tidak ada lagi lokasi vaksinasi yang melanggar protokol kesehatan," tegasnya, Senin 30 Agustus 2021.

Ia menegaskan bakal menata alur vaksinasi Covid-19. Ia tidak ingin terjadi kerumunan di lokasi pemberian vaksin. Apalagi hal tersebut bisa berpotensi penularan Covid-19.


Menurutnya, tim dari satgas bakal mengawasi lokasi vaksinasi. Tim bakal mengevaluasi rangkaian pelaksanaan vaksinasi agar tidak terjadi kerumunan.

"Kita awasi dan perbaiki teknis lapangan vaksinasi massal sebelumnya, jangan sampai ada pelanggaran prokes," jelasnya.

Firdaus menyebut, pemerintah kota berupaya menggesa vaksinasi bagi masyarakat. Karena ada ratusan ribu masyarakat belum mendapat suntikan vaksin.

"Kita optimalkan pemeberian vaksin dengan membagi seusai wilayah kecamatan, jadi proses pendataan tidak secara spontan. Tapi penerima vaksin sudah terdaftar sebelumnya," paparnya.