Blak-blakan, Syamsuar Sebut Ada Varian Covid-19 Baru di Riau selain Delta

Syamsuar152.jpg
(Wayan Sepiyana/RiauOnline)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Gubernur Riau Syamsuar menyampaikan ada kekhawatirannya terhadap penularan virus Covid-19 di Riau.

Ia menyebut ada varian baru yang menyerang warga Riau setelah varian delta yang sebelumnya sudah menginfeksi warga Riau. 

"Kemudian harapan kami kiranya walaupun sekarang terjadi penurunan dari Covid-19 di Riau, kiranya juga, kita tetap tidak boleh cuai. Tetap waspada, tetap mengikuti aturan-aturan protokol kesehatan," kata Syamsuar, Rabu, 25 Agustus 2021 di Gedung Balai Pauh Janggi.


Lanjutnya, saat ini di Riau bahkan sudah masuk varian delta dan sudah ada warga yang terpapar.

 


"Karena apa yang disampaikan saat ini, varian delta juga masih ada di daerah kita ini," katanya.

"Sekarang menteri kesehatan telah memberikan petunjuk kepada semua pemerintah daerah di Indonesia, agar pada waktu adanya swab PCR itu juga dikirim swabnya ke Jakarta," imbuhnya.

 
Menurutnya hasil tes swab PCR yang dikirim bertujuan untuk mendeteksi dini adanya warga yang terpapar Covid-19 varian delta, maupun varian baru.

 "Tujuan agar bisa mendeteksi varian varian apa yang tertular pada seorang pasien. Ini semuanya adalah untuk mengantisipasi adanya varian delta atau varian baru dari hasil mutasi tentunya. Karena itu apa yang diperingatkan oleh menteri kesehatan ini kita harus terus waspada karena pandemi Covid-19 belum berakhir," pungkasnya.