14 Alat Canggih Kiriman Jokowi Tiba di Rokan Hulu, Cek Rinciannya!

Bantuan-covid-19.jpg
(Wayan Sepiyana/RiauOnline)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Gubernur Riau Syamsuar bersama unsur Forkopimda Riau melakukan rapat koordinasi penanganan Pandemi Covid-19 bersama Bupati Rokan Hulu Sukiman, beserta unsur Forkopimda Rokan Hulu, Kamis, 19 Agustus 2021 di Pendopo Rumah Dinas Bupati.

 Gubernur Riau bersama unsur Forkopimda Riau terus berupaya menekan kasus Covid-19 di Rokan Hulu dengan melakukan vaksinasi Covid-19, menyiapkan tempat isolasi terpusat Gedung Dharma Wanita Rokan Hulu, dan mempersiapkan penyediaan obat-obatan, oksigen, dan lainnya.

 

Percepatan vaksinasi Covid-19 yang mesti dilakukan untuk memutus mata rantai penularan Covid-19.

 

Rombongan saat tiba langsung meninjau pelaksanaan vaksinasi untuk warga Suku Asli Bonai dan masyarakat umum berlokasi di Hutan Kota Pasir Pangaraian.

 

 

Selanjutnya, ia ingin agar tempat isolasi terpusat terus dipertahankan fungsinya. Ia khawatir sewaktu-waktu ada peningkatan jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19.

 

"Kami harapkan, walaupun sekarang ada tren penurunan kasusnya. Ini harus dapat dipertahankan. Begitu juga tempat isolasi terpusat, tetap dipertahankan," sebutnya.

 

"Iya karena kita kan khawatir sewaktu-waktu bisa saja adanya lonjakan kasus," imbuhnya lagi.

 

Ia hadir langsung bersama unsur Forkopimda Provinsi Riau ingin bersama-sama fokus menyelesaikan Pandemi Covid-19 dengan gotong royong.

 

"Hari ini kami mengadakan rapat koordinasi bersama Forkopimda Riau, dalam rangka untuk membantu penanganan Covid-19 di Rokan Hulu," jelasnya.

 

 


 

Menurutnya cara dan upaya yang dilakukan dalam menekan angka kematian yang capai 5,5 persen di Rokan Hulu yaitu dengan pelayanan cepat kepada masyarakat pasien Covid-19.

 

"Ya bagaimana kita bisa meningkatkan angka kesembuhan, bagaimana kita memberikan pelayanan cepat kepada masyarakat. Jadi kalau ada bergejala, baik sedang, atau yang membutuhkan perawatan di rumah sakit, cepat ditindaklanjuti," tegasnya.

 

Kalau misalnya mereka (pasien Covid-19) perlu dirujuk ke rumah sakit di Pekanbaru langsung dibawa ke Pekanbaru. Hal seperti ini lah harus cepat kita lakukan. 

 

Selanjutnya, ia menyebut bantuan yang diberikan berupa peralatan, dan obat-obatan bisa digunakan untuk meningkatkan kesembuhan pasien Covid-19.

 

"Ini ada bantuan alat, dan obat-obatan yang kita berikan, untuk memberikan peningkatan kesembuhan pasien Covid-19. Beberapa peralatan yang mana pasien Covid-19 gejala sedang bisa digunakan misalnya HFNC kita berikan ada 20 jumlahnya," sebutnya.

 

Pihaknya berharap dengan bantuan yang diberikan untuk meningkatkan angka kesembuhan pasien Covid-19 di Rokan Hulu.

 

"Dengan adanya alat ini dapat membantu tenaga medis disini, sehingga pelayanan untuk kesembuhan pasien Covid-19 ini bisa lebih cepat," pungkasnya.

 

Bantuan yang diberikan untuk penanganan Covid-19 kepada Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu, yaitu sebagai berikut : 

 

Obat-obatan

 

Remdesivir Inj 100 Mg jumlah 336 vial

 

Bionicom Zinc (Multivit Dewasa) jumlahnya 5.000 tablet

 

Favipiravir 200 Mg jumlahnya 5.000 tablet

 

Bahan Medis Habis Pakai (BMHP)

 

Virus Transfer Media (VTM) jumlahnya 1.000 set

 

Rapid Test Antigen jumlahnya 11.500 Pcs

 

Vaksin Sinovac jumlahnya 70 vial

 

Consumable HFNC jumlahnya 20 set

 

Oxygen Concentrator jumlahnya 14 unit

 

Nasala Cannula 18 pack