Jauh Lebih Murah, Tarif Tes PCR Covid-19 di India Hanya Berkisar Rp96 Ribu

PCR3.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE - Pemerintah Wilayah Delhi, India pada Rabu, 4 Agustus 2021 lalu mengeluarkan aturan soal pemangkasan harga tes Reverse Transcription Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) maupun pemeriksaan COVID-19 lainnya.

Saat ini, harga pemeriksan real time PCR di laboratorium swasta yang ada di sana yakni 500 rupe atau jika dikonversikan sekitar Rp96 ribu.

Bila pemeriksaan tes PCR dilakukan di rumah memang sedikit lebih mahal yakni 700 rupe atau sekitar Rp135 ribu. Untuk tes antigen harganya menjadi 300 rupe atau Rp58 ribu.

Pemerintah Delhi meminta agar aturan tarif terbaru tersebut diberlakukan di seluruh laboratorium yang ada di sana mengutip India Today.


Ketua Menteri Delhi, Arvind Kejriwal mengatakan lewat akun Twitternya bahwa pemangkasan harga tes PCR dan antigen dilakukan untuk membantu masyarakat terjangkau melakukan pemeriksaan tes COVID-19. Selain itu untuk meningkatkan tes COVID-19 di ibukota India itu.

Baik tes antigen maupun PCR sebenarnya gratis bila dilakukan di semua rumah sakit dan fasilitas pelayanan kesehatan pemerintah. Sehingga, pemangkasan harga itu pada laboratorium maupun rumah sakit swasta seperti mengutip Hindustan Times.

Sementara itu, di Indonesia harga kisaran tes PCR COVID-19 masih berada di Rp700 sampai Rp900 ribu. Sementara itu tes antigen berkisar Rp 130-170 ribu.

Artikel ini sudah tayang di Liputan6.com