Peralihan Blok Rokan, Dewan Segera Undang Pertamina

prismaann.jpg
(SIGIT/RIAUONLINE)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Ketua Komisi IV, Parisman Ihwan mengatakan HUT Riau ke-64 tahun ini amat spesial. Tepat hari ini, salah satu Sumber Daya Alam Terbesar di Riau, Blok Rokan dialihkelolakan dari Chevron kepada Pertamina.

"Pertama, kita sampaikan selamat atas hari ulang tahun yang ke-64 tahun untuk provinsi yang kita cintai ini. Selain merayakan HUT Riau, sebagai anak bangsa kita juga merayakan beralihnya Blok Rokan ke pangkuan ibu pertiwi, tentu ada harapan-harapan yang dititipkan dalam peralihan ini," ujar Iwan Fatah, Senin, 9, Agustus 2021.

Iwan mengaku merasakan benar kontribusi Chevron selama ini kepada masyarakat, tak mungkin dipungkiri, industri minyak di Chevron memberi banyak dampak ekonomi baik langsung maupun tak langsung. Hal ini berujung pada peningkatan APBD Riau.

"APBD Riau dulunya sangat berlimpah, salah satunya karena sumber daya minyak yang memberikan Dana Bagi Hasil (DBH) begitu besar untuk APBD. Kita berharap, dengan peralihan ke Pertamina, produksi minyak bisa ditingkatkan dan nantinya akan berpengaruh kepada pembangunan," ujarnya.


Saat ini ia dan komisi IV yang salah satunya membidangi Pertambangan ini mengatakan belum mengetahui persis rencana Pertamina. Namun ia menegaskan secepatnya akan memanggil Pertamina membahas hal tersebut.

"Kemarin sempat kita undang, tapi karena PPKM, pertemuan jadi tertunda, dan insya Allah hari Kamis kita akan undang Pertamina untuk bersilaturahmi sekaligus melihat rencana mereka seperti apa kedepan," tuturnya.

Ia menekankan salah satu yang terpenting adalah peralihan dari Chevron ke Pertamina harus bisa menarik lebih banyak lagi putra-putri Riau untuk bekerja di sana.

"Jadi Pertamina harus memperhatikan beberapa hal, mulai dari Sumber Daya Manusia (SDM), kontrak-kontrak kerja dengan perusahan lokal di Riau serta Corporate Social Responsibility (CSR) bagi daerah yang masuk daerah Blok Rokan," tutupnya.